Ahad, 7 Syawwal 1441 H / 31 Mei 2020

4 Manfaat Menghafal Alquran yang Perlu Kamu Ketahui

Eramuslim – Setiap muslim harus bisa membaca Alquran, bahkan kalau perlu menghafal Alquran. Sebab ini merupakan amalan yang lebih disukai di sisi Allah.

Menghafal Alquran selain merupakan amal ibadah yang mulia juga memiliki banyak manfaatnya. Seperti dikutip dari buku karya Dr. KH. Ahsin Sakho Muhammad yang berjudul ‘Menghafal Alquran: Manfaat, Keutamaan, Keberkahan, dan Metode Praktisnya’, terdapat sejumlah manfaat menghafal Alquran yang perlu kamu ketahui.

  1. Manfaat spiritual

Orang yang menghafal Alquran akan selalu hidup dengan nilai-nilai Alquran yang memiliki manfaat spiritual. Sebelum membaca Alquran kita terlebih dahulu membersihkan diri dengan berwudhu, kemudian menghadap kiblat dan memegang mushaf Alquran. Lalu membacanya dengan penuh kekhusyukan.

Semua proses tersebut akan menciptakan rasa spiritual yang tinggi. Keimanan dan ketakwaannya bisa bertambah dan terus bertambah. Dengan demikian, menghafal Alquran bisa menciptakan generasi saleh dan berakhlak mulia.

  1. Manfaat etika dan akhlak

Menghafal Alquran bisa menciptakan generasi yang penuh etika dan akhlak. Sebagai gambaran, seorang penghafal Alquran harus menyetorkan hafalannya kepada gurunya. Ketika berhadapan dengan guru, mereka harus beretika terhadap guru. Seorang murid harus menunjukkan etika dan kesopanannya. Jika hal ini berlangsung terus-menerus, maka orang tersebut bisa dipastikan mempunyai etika dan akhlak yang mulia.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

6 Alam yang Dilalui Manusia

Jumat, 14/02/2020 13:30

Ini Tempat Terbaik Meletakkan Mimbar

Jumat, 14/02/2020 12:30

Hikmah Lainnya

Trending