Jum'at, 3 Rabiul Awwal 1444 H / 30 September 2022

4 Perkara yang Menjadikan Derajat Seseorang Naik

Eramuslim – PADA umumnya setiap insan pasti menginginkan derajat yang tinggi di hadapan Allah SWT maupun di masyarakat. Untuk itu tentu diperlukan berbagai upaya.

Dikutip dari laman resmi Pesantren Lirboyo pada Selasa (21/1/2020), KH. AHS. Zamzami Mahrus menyampaikan ada empat perkara yang menjadikan derajat seseorang naik atau menjadikannya mulia.

Pertama adalah Ilmu. Jadi orang yang mempunyai ilmu bisa naik derajatnya. Allah SWT berfirman:

يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.“ (Al Mujadilah : 11).

Jadi orang yang berilmu derajatnya naik, baik ilmu syariat maupun ilmu formal (umum). Kalau ilmu syariat itu menjadikan mulia indallah maupun indanna,s tapi ilmu formal hanya menjadikan mulia indannas saja.

“Jadi kalian semua mondok di Lirboyo utamanya yaitu mencari ilmu, jadi langkah kalian semua sudah betul, karena lebih seberuntung-beruntungnya seorang anak, yaitu anak yang berada di pondok,” ucap Zamzami.

“Karena di pondok Insya Allah tidak maksiat asal tidak keluyuran. Kesehariannya di isi dengan mencari ilmu dan jamaah,” tambahnya.

Kemudian yang kedua adalah jujur. Ini sangat penting sekali, seperti sabda Nabi Muhammad SAW:

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Penggolongan Waktu dalam Alquran

Senin, 20/01/2020 14:30

3 Tingkatan Ikhlas dalam Beribadah

Senin, 20/01/2020 13:00

Hikmah Lainnya

Trending