Senin, 16 Muharram 1444 H / 15 Agustus 2022

6 Peristiwa Besar di Bulan Rabiul Awal

Eramuslim – Kalender Islam yang dikenal juga sebagai kalender Hijriah didasarkan pada perputaran rembulan. Penanggalan itu dimulai dari momentum hijrah Nabi Muhammad dari Makkah ke Madinah sebagai tahun pertama hijriah. Sementara Rabiul Awal diketahui sebagai bulan ke-3 dalam kalender hijriah. Maka dari itu, terdapat beberapa alasan mengapa Rabiul Awal sangat penting bagi umat Islam.

Dalam bahasa Arab kata “rabi” berarti musim semi, sedangkan “al awwal” berarti yang pertama. Nama Rabbiul Awal menggambarkan makna yang simbolis, yaitu melambangkan munculnya kebahagiaan (musim semi) setelah kesuraman (musim dingin).

Dikutip dari Islamic Finder, Bulan Rabiul Awal dinamai demikian karena sebelum lahirnya Nabi Muhammad, manusia hidup dalam keadaan kebodohan dan kegelapan. Ketika Nabi Muhammad lahir ia membawa pesan kebenaran dari Allah. Pesan ini menuntun orang-orang menuju jalan pencerahan, membantu mereka membedakan antara yang benar dan yang salah.

Bulan Rabiul Awal memiliki arti khusus karena umat Islam percaya bahwa Nabi Muhammad lahir di bulan ini, meskipun tidak ada konsensus tentang tanggal yang sebenarnya. Umat Muslim sering merayakannya pada Rabiul Awal hari ke-12, yang disebut hari sebagai Maulid Nabi.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Hukuman Terberat bagi Pendosa

Selasa, 19/11/2019 14:15

Kenapa Manusia Takut Mati?

Selasa, 19/11/2019 11:45

Cara Hindari Dampak Buruk Dosa

Selasa, 19/11/2019 10:15

Hikmah Lainnya

Trending