Selasa, 27 Zulqa'dah 1443 H / 28 Juni 2022

Awas! Iblis Dekat Dengan Orang yang Hadapi Kematian

Eramuslim.com – ABU Dawud meriwayatkan bahwa iblis berkata kepada bala tentaranya pada saat kematian manusia: Berusahalah saat sekarang karena jika kalian gagal, tidak ada kesempatan lagi.

Dari Wailah bin al-Asqa berkata bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda:

Talqinilah orang yang hendak meninggal dengan La Ilaha Illallah dan berilah berita gembira tentang surga, sesungguhnya orang mulia, baik dari kaum laki-laki dan wanita kebingungan di dalam menghadapi kematian dan mengalami ujian. Sesungguhnya setan paling dekat dengan manusia pada saat kematian, dan melihat malaikat kematian lebih berat daripada penggalan pedang 1000 kali. (HR. Abu Naim).

Imam al-Qurthubi menyebutkan kisah dalam Kitab At-Tadzkirah dari guru-gurunya Ahmad bin Muhammad al-Qurthubi bahwa tatkala dia sedang sakaratul maut dikatakan kepadanya, Ucapkanlah La Ilaha Illallah, dia mengatakan, Tidak. Ketika sadar kami menuturkan kejadian itu kepadanya. Dia berkata, Setan datang kepadaku dari sebelah kanan dan kiriku, salah satunya berkata, Matilah kamu dalam keadaan Yahudi sebab agama Yahudi adalah sebaik-baik agama dan yang lain berkata, Matilah kamu dalam keadaan Nasrani sebab agama Nasrani adalah sebaik-baik agama, maka saya katakan kepadanya, Tidak, tidak, kalian saja yang mengucapkan itu.

Nabi Shallallahu alaihi wasallam bersabda, Sesungguhnya setan hadir pada saat kematian di antara kamu sekalian lalu mengatakan, matilah kamu dalam keadaan yahudi, matilah kamu dalam keadaan nasrani. Maka jawaban saya tadi adalah pada mereka (setan) bukan pada kalian.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Jadilah Kekuatan Al-Haq

Jumat, 10/06/2022 10:02

Memilih Menjadi Golongan Bertaubat

Kamis, 09/06/2022 13:05

Menjelang Kematian

Kamis, 09/06/2022 08:07

Hikmah Lainnya

Trending