Sabtu, 15 Jumadil Awwal 1444 H / 10 Desember 2022

Berada di Masjid, Orang Ini Malah Mengganggu Malaikat

Eramuslim.com – Ada hal-hal sederhana yang harus diperhatikan sebagai konsekuensi kemusliman kita. Hal ini dilakukan sebagai wujud meneladani Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam. Sebab, beliau adalah teladan terbaik dan terdapat ganjaran melimpah bagi siapa saja yang meneladaninya di setiap aktivitas; muamalah atau ibadah.

Di antara teladan yang beliau sampaikan adalah adab-adab memasuki masjid. Misalnya, mengenakan pakaian terbaik, berdoa dalam perjalanan dan saat akan memasuki juga keluar darinya, mendirikan shalat sunnah Tahiyyatul Masjid, duduk dengan rapi dan tawadhu’, memanfaatkan waktu untuk berdzikir, shalat, membaca al-Qur’an atau amal saleh lainnya.

Selain itu, ada juga larangan-larangan yang sebaiknya kita hindari saat berada di rumah Allah Ta’ala itu. Seperti membicarakan kesia-sian, apalagi ghibah dan fitnah, menimbulkan keramaian dan kekacauan, mencari barang hilang, dan hal-hal tak berkenan lainnya.

Saking detailnya, demi menjaga kenyamanan kaum Muslimin yang berada di masjid, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam secara khusus menyebutkan satu jenis makanan, yang jika dimakan, maka ia tidak dianjurkan mendekati masjid kecuali setelah membersihkan bekasnya. Sebab, hal ini bisa menjadikan kaum Muslimin dan malaikat terlukai (terganggu).

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Orang Ini Haram Masuk Surga

Rabu, 26/05/2021 08:30

Ahklak Yang Mengantarkan Anda ke Surga

Selasa, 25/05/2021 12:45

Tak Bayar Utang, Dosa Tak Terampuni

Selasa, 25/05/2021 06:45

Sumur Yang Digali Malaikat

Senin, 24/05/2021 11:45

Hikmah Lainnya

Trending