Selasa, 7 Rabiul Awwal 1444 H / 4 Oktober 2022

Di Majlis Ini Imam Ahmad bin Hanbal Menangis Sampai Pingsan

Eramuslim.com – Saat menghadiri majlis Imam al-Harits al-Muhasibi di kediaman Ismali bin Ishaq, Imam Ahmad bin Hanbal diriwayatkan menangis hingga pingsan. Setelah itu, beliau berkata kepada Ismail bin Ishaq, “Aku belum pernah melihat orang-orang seperti mereka. Aku belum pernah mendengar pembahasan ilmu hakikat seperti yang dikemukakan oleh pria itu (Imam al-Muhasibi). Melihat keadaan mereka itu, aku tidak membolehkanmu berguru kepada mereka.”

Imam Ibnul Jauzi menjelaskan, tangis Imam Ahmad bin Hanbal sampai pingsan karena khawatir dengan penyampaian Imam al-Muhasibi yang termasuk hal baru menurut pandangan Imam Ahmad. Beliau khawatir jika yang disampaikan oleh Imam al-Muhasibi lebih menyibukkan daripada sunnah Rasulullah Shallallahu ‘Alahi Wa sallam.

Beliau juga mengatakan bahwa beberapa hal yang dijelaskan oleh Imam al-Muhasibi terkait muamalat tidak merujuk pada ulama salaf.

Sedangkan larangan Imam Ahmad bin Hanbal agar Ismail bin Ishaq tidak berguru kepada Imam al-Muhasibi lantaran kekhawatiran bahwa Ismail (dan orang-orang pada umumnya) tidak bisa memahami penjelasan Imam al-Muhasibi terkait ilmu hakikat dan maqam tasawuf. Hal ini sebagaimana dikemukakan oleh Syaikh Tajuddin bin as-Subki dan Imam Ibnu Hajar al-Asqalani.

“Mereka (Imam al-Muhasibi dan jamaahnya) berada dalam kondisi sulit yang tidak bisa ditempuh oleh sembarang orang. Dikhawatirkan, orang yang menempuhnya tidak bisa melakukannya dengan benar.” kutip Syaikh Abdul Fattah Abu Ghuddah atas pernyataan Imam Ibnu Hajar dalam Tahdzib at-Tahdzib.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Rekomendasi

Suami Pilihan

Selasa, 13/04/2010 13:27

Kemudharatan Salah Siapa?

Senin, 30/08/2010 12:47

Wanita, Mayoritas Penghuni Neraka

Kamis, 14/08/2014 08:10

Kepada Siapa Aku Memberi?

Selasa, 06/07/2010 06:34

Pematokan Harga oleh Pemerintah

Rabu, 03/12/2008 14:01

Baca Juga

Hikmah Lainnya

Trending