Senin, 17 Rabiul Akhir 1441 H / 16 Desember 2019

Doa Singkat yang Bikin Pembacanya Dilindungi Allah dari Kejahatan

Dibaca Pagi dan Sore

Hadits ini juga dicantumkan Imam Nawawi rahimahullah dalam Riyadhus Shalihin dalam bab Zikir Pagi dan Sore. Sebab ia disunnahkan untuk dibaca di waktu pagi dan di waktu sore. Jika dibaca di waktu sore, maka pembacanya akan dilindungi Allah hingga pagi hari. Dan jika dibaca di waktu pagi, maka pembacanya akan dilindungi Allah hingga sore hari.

Karenanya Hasan Al Banna rahimahullah menyertakan doa ini dalam Al Ma’tsurat. Yakni zikir pagi dan sore yang ia susun dan merupakan salah satu zikir pagi dan sore yang paling populer. Menghimpun doa dan zikir dari Al Quran dan hadits secara apik. Yang di dalamnya terhimpun banyak keutamaan.

Allah Pasti Melindungi

Ketika menjelaskan hadits di atas, Syaikh Mutofa Said Al Khin dan sejumlah ulama dalam Nuzhatul Muttaqin mengatakan: “Sesungguhnya Allah pasti akan menjaga siapapun yang memohon perlindungan kepada-Nya.”

Maka ketika membaca kalimat singkat ini, tanamkan dalam diri bahwa kita memohon perlindungan kepada Allah dari seluruh kejahatan dan bahaya. Yakinlah bahwa Allah Maha Melindungi dan Dia kuasa melindungi hamba dari seluruh kejahatan makhluknya.

Ibnu Katsir menjelaskan bahwa makna min syarri maa kholaq adalah “dari kejahatan seluruh makhluk.”

Sehingga ia bukan hanya kalajengking dan hewan berbahaya lainnya, namun juga dari kejahatan manusia dan jin. Termasuk dilindungiNya dari bahaya dan kecelakaan. [Muchlisin BK/BersamaDakwah]

← Halaman sebelumnya

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

Baca Juga

Hikmah Lainnya

Trending