Sabtu, 21 Muharram 1444 H / 20 Agustus 2022

Doa tak Kunjung Terkabul? Bisa Jadi karena 1 dari 10 Hal Ini

Eramuslim.com – Ada banyak hal yang bisa menyebabkan doa tidak terkabul. Salah satunya seperti sebuah kisah berikut ini, sebagaimana dinukilkan dari The Power of Huznudzon, karya Ipnu R Noegroho.

Suatu hari, Ibrahim bin Adham sedang melintas di pasar Basrah. Tak lama kemudian, banyak sekali orang yang berdatangan untuk mengerumunginya sambil bertanya:

“Wahai Abu Ishaq, apa sebab kami selalu berdoa tetapi tidak pernah dikabulkan?” Kemudian dia menjawab, “Karena hati kalian mungkin telah mati oleh 10 hal ini.” Apa saja kesepuluh hal yang disebutkan Ibrahim bin Adham tersebut? Berikut uraiannya:

  1. Kita Mengenal Allah tetapi tidak menjalankan hak-Nya

Dalam sebuah hadis dari Mu’adz bin Jabal RA dijelaskan bahwa beliau berkata, Rasulullah SAW bersabda: “Wahai Mu’adz, tahukah engkau apa hak Allah atas para hamba-Nya?” Mu’adz berkata, “Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui.”

Beliau bersabda: “(yaitu) hendaknya mereka beribadah kepada-Nya dan tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu apapun, (Dan) tahukah engkau hak hamba terhadap Allah?” Mu’adz menjawab, “Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui.” Beliau SAW bersabda, “Dia tidak akan mengazab mereka.” (HR Bukhari dan Muslim)

  1. Kita mengaku cinta Rasulullah tetapi meninggalkan sunahnya

Dari hadis yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim, dari Abu Hurairah RA bahwasanya Rasulullah SAW bersabda: “Setiap umatku akan masuk surga, kecuali yang enggan.” Mereka (para sahabat) bertanya, “Siapakah yang enggan itu?

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Hikmah Lainnya

Trending