Senin, 3 Zulhijjah 1443 H / 4 Juli 2022

Doa yang Dibaca Pemuda Kahfi Saat Bersembunyi di Gua

Eramuslim.com – Kisah para pemuda gua atauvs menjadi cerita yang secara umum diketahui umat Islam. Salah satu surat dalam Alquran bahkan dinamakan seperti kisah ini, yakni surat Al-Kahfi.

Dalam kisah tersebut, para pemuda Ashabul kahfi mencari tempat perlindungan dari penguasa zalim yang memaksa mereka untuk menyembah selain Allah SWT.

Mereka akhirnya bersembunyi di sebuah gua yang di dalamnya para pemuda tersebut bisa beribadah dan berdoa. Dalam kondisi khawatir, mereka mengucapkan sebuah doa yang diabadikan dalam Alquran:

رَبَّنَآ ءَاتِنَا مِن لَّدُنكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا

Bacaan latin: Rabbanā ātinā min ladungka raḥmah wa hayyi` lanā min amrinā rasyadā

Artinya: “Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini)”. (QS Al-Kahfi: 10).

Menurut tafsir Li Yaddabbaru Ayatih dari Markaz Tadabbur menjelaskan, para pemuda Ashabul Kahfi itu mencari tempat berlindung ke dalam gua agar terhindar dari fitnah, lalu mereka berdoa:

“Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu secara khusus, yaitu ampunan di akhirat, dan keamanan dari musuh, rezeki di dunia, serta mudahkanlah kami mendapat petunjuk yang lurus yang Engkau ridhai dan restui dengan memisahkan diri dari orang kafir.”

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Kisah Ulama Murtad dan Ahli Sunnah

Sabtu, 06/11/2021 15:33

Hikmah Lainnya

Trending