Sabtu, 4 Rabiul Awwal 1444 H / 1 Oktober 2022

Gak Punya Uang Tapi Ingin Sedekah, Gimana…

Eramuslim.com -Sedekah disebut sebagai burhan, bukti keimanan seorang hamba kepada Allah Ta’ala dan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Faktanya, banyak orang yang enggan bersedekah atau tidak mampu bersedekah karena tidak memiliki uang.

Bagi siapa pun yang tidak mampu bersedekah karena tidak punya uang, lakukanlah amalan-amalan berikut ini. Tak perlu keluarkan satu rupiah pun, tapi Anda mendapatkan pahala sedekah. Tunai!

Diriwayatkan secara muttafaq ‘alaih dari sahabat Jabir bin ‘Abdullah Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Setiap perbuatan baik adalah sedekah.”

Berbuat baiklah dengan semua perbuatan yang disepakati kebaikannya oleh syariat.

Bahkan jika tak mampu berbuat baik karena keterbatasan fisik atau cacat, masih ada peluang sedekah dengan pahala yang agung sebagaimana disebutkan dalam hadits dari sahabat Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Ucapan yang baik adalah sedekah.”

Sama dengan hadits pertama, hadits kedua ini diriwayatkan secara muttafaq ‘alaih; disepakati keshahihannya oleh hampir seluruh ulama’ ahli hadits.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Orang Sepertiku Mau Minta Surga?

Senin, 27/12/2021 09:15

Hikmah Lainnya

Trending