Senin, 10 Jumadil Awwal 1444 H / 5 Desember 2022

Ikuti Teladan Rasulullah: Rutin Jalan Kaki

Eramuslim.com – Nabi Muhammad SAW dikenal memiliki kebiasaan berjalan kaki, sebagaimana ditunjukkan sebuah hadits dari Abu Hurairah RA, dia berkata:

“Aku belum pernah melihat orang yang lebih baik dan lebih tampan daripada Rasulullah; roman mukanya secemerlang matahari, juga tidak pernah melihat orang yang secepat beliau. Seolah-olah bumi ini digulung oleh langkah-langkah beliau ketika sedang berjalan. Walaupun kami berusaha untuk mengimbangi jalan beliau. Tapi beliau tampaknya seperti berjalan santai saja.”

Ada bukti medis kuat yang menegaskan bahwa berjalan 10 ribu langkah setiap hari dapat memunculkan berbagai keuntungan kesehatan secara signifikan. Apabila hal itu dapat dilakukan setiap hari, maka bukan hanya bisa membuat Anda merasa lebih baik dan berenergi dalam mengerjakan apa pun, tapi juga bisa mengurangi risiko munculnya penyakit-penyakit berbahaya seperti serangan jantung, kanker, diabetes, dan depresi.

Cara terbaik untuk mengukur langkah adalah dengan menggunakan pedometer (alat penghitung langkah). Pedometer sangat mudah digunakan, mudah didapat, dan tidak mahal. Bisa juga dengan aplikasi kesehatan di ponsel pintar.

Bisa juga dengan mengikuti petunjuk di bawah ini untuk mengukur langkah:

Berjalan dengan kecepatan sedang selama 30 menit, setara dengan berjalan 4.000 langkah.

Berjalan dengan kecepatan sedang selama 45 menit, setara dengan berjalan 7.500 langkah.

Berjalan dengan langkah cepat selama 60 menit, setara dengan berjalan 10 ribu langkah.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

6 Tanda Kiamat Menurut Rasulullah

Kamis, 09/07/2020 16:00

Hikmah Lainnya

Trending