Kamis, 6 Jumadil Awwal 1444 H / 1 Desember 2022

Inilah Nama Nenek Moyang Bangsa Jin

Eramuslim.com – Jin termasuk golongan setan dari segi asal penciptaannya. Mereka diciptakan dari api. Akan tetapi, dari segi karakter, jin memiliki karakter seperti manusia; sebagiannya beriman, sedangkan sebagian lainnya mengingkari Allah Ta’ala dan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Sebagai seorang muslim, kita wajib percaya kepada yang ghaib. Salah satunya adalah hal ihwal jin dengan segala karekternya sebagaimana termaktub dalam kitab suci al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah yang shahih.

Sebagaimana diriwayatkan oleh Syeikh Ibnu Muflih al-maqdisi dalam Agar Tidak Diperdaya Setan, ‘Ikrimah meriwayatkan dari ‘Abdullah bin ‘Abbas Radhiyallahu ‘anhuma tentang nama nenek moyang jin dan karakternya.

“Nama nenek moyang jin,” tulis ‘Ikrimah, “adalah Suma.” Di dalam buku yang sama, kami tidak menjumpai nama lain yang dikutip oleh Syeikh Ibnu Muflih al-Maqdisi.

Kemudian, Allah Ta’ala berfirman kepada Suma, “Berkhayallah!”

Lanjut ‘Ikrimah meriwayatkan, “Suma pun berkhayal (sebagai sosok) yang tidak bisa dilihat, lenyap di dalam bumi, dan kembali menjadi muda setelah usia tuanya.”

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Hikmah Lainnya

Trending