Kamis, 2 Rabiul Awwal 1444 H / 29 September 2022

Perlakuan Terkejam yang Diterima Rasulullah SAW

Eramuslim.com – Rasulullah Saw adalah sosok yang paling berat cobaannya. Sebagaimana para nabi sebelumnya, beliau juga menerima cobaan fisik. Mulai dari diludahi, ditumpahi kotoran dan jeroan binatang saat shalat, dicekik, percobaan pembunuhan dalam peristiwa hijrah, boikot hingga pengusiran oleh kaumnya sendiri.

Dalam banyak episode itu, Rasulullah Saw menunjukkan kelasnya sebagai Nabi dan Rasul pilihan Allah Ta’ala. Beliau tak pernah mengeluh, dan senantiasa menunjukkan ketegaran yang sulit tertandingi. Hendaknya, hal ini menjadi teladan bagi semua umatnya, khususnya yang telah mewakafkan diri di jalan dakwah yang memang penuh makar dan tipu daya.

Urwah bin az-Zubair Ra pernah bertanya kepada Abdullah bin ‘Amr bin al-‘Ash Ra, “Ceritakanlah kepadaku tentang perlakuan paling kejam yang telah dilakukan oleh orang-orang musyrik terhadap diri Rasulullah Saw?”

Abdullah bin ‘Amr bin al-‘Ash menjawab, “Pada suatu hari,” lanjutnya, “Rasulullah Saw sedang shalat di serambi Ka’bah.” Kemudian, “Tiba-tiba datanglah ‘Uqbah bin Abu Mua’ith.”

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

4 Cara Menghindari Fitnah Dajjal

Rabu, 22/09/2021 09:49

Hikmah Lainnya

Trending