Jum'at, 13 Muharram 1444 H / 12 Agustus 2022

Ketika Bidadari Turun ke Bumi…

Eramuslim.com – Bagaimana jika bidadari turun ke bumi ini? Hadits ini menjelaskannya kepada kita. Apa yang dilakukan orang-orang shalih saat bertemu bidadari? Kisah ini menunjukkan kesamaan apa yang mereka lakukan.

Dalam Al Quran, bidadari disebut dengan istilah hurun ‘in di tiga ayat. Al hur merupakan bentuk jamak dari haura, yang berarti wanita muda yang jelita, memikat dan putih bersih. Sedangkan al ‘in adalah mata air hitam luas yang merupakan mata air paling indah yang pernah dilihat manusia.

كَذَلِكَ وَزَوَّجْنَاهُمْ بِحُورٍ عِينٍ

“Demikianlah, dan Kami berikan mereka pasangan bidadari yang bermata jeli” (QS. Ad Dukhan: 54)

Kecantikan bidadari tak bisa dibandingkan dengan wanita tercantik di jagat ini. Bahkan belum bisa dibayangkan dalam pikiran karena ia termasuk kenikmatan surga yang tak terjangkau indra. Rasulullah menjelaskan, jika bidadari turun ke bumi, ia akan menyinari seluruh langit dan bumi serta memenuhinya dengan aroma yang harum semerbak.

وَلَوْ أَنَّ امْرَأَةً مِنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ اطَّلَعَتْ إِلَى أَهْلِ الأَرْضِ لأَضَاءَتْ مَا بَيْنَهُمَا وَلَمَلأَتْهُ رِيحًا ، وَلَنَصِيفُهَا عَلَى رَأْسِهَا خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَا وَمَا فِيهَا

“Sekiranya salah seorang bidadari surga datang ke dunia, pasti ia akan menyinari langit dan bumi dan memenuhi antara langit dan bumi dengan aroma yang harum semerbak. Sungguh tutup kepala salah seorang wanita surga itu lebih baik daripada dunia dan seisinya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Karenanya tidak pernah terjadi bidadari turun ke bumi. Imam Al Qurthubi dalam At Tadzkirah mengutip perkataan Malik bahwa jika bidadari turun ke bumi, siapa pun yang melihatnya akan mati karena kecantikan yang demikian mempesona.

“Sesungguhnya di surga ada seorang bidadari yang dibanggakan oleh semua penghuni surga karena kecantikannya,” kata Malik. “Andaikan Allah belaum menentukan terhadap penghuni surga bahwa mereka takkan mati, niscaya mereka semua mati karena melihat cantiknya bidadari ini.”

Lalu bagaimana dengan kisah-kisah bidadari turun ke bumi? Kisah-kisah bidadari turun ke bumi yang ditulis oleh para ulama seperti Imam Al Qurthubi dalam At Tadzkirah, Syaikh Mahir Ahmad Ash Shufi dalam Al Jannatu wa An Nar, dan Syaikh Musthafa Murad dalam Nisaa’ Ahlul Jannah terjadi dalam mimpi. Bukan di alam nyata.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Rekomendasi

Ciri Rumah Calon Penghuni Surga

Jumat, 11/06/2021 13:45

Hukum Memplester dan Menanami Makam

Jumat, 18/09/2020 16:30

Alergi Pada Batita

Jumat, 16/10/2009 16:09

SMS (Short Message Syaithon)

Selasa, 21/06/2011 08:52

Beda Jokowi Beda Habibie

Rabu, 19/11/2014 10:56

Tali Silaturahmi

Rabu, 11/07/2007 09:14

Baca Juga

Hikmah Lainnya

Trending