Sabtu, 4 Rabiul Awwal 1444 H / 1 Oktober 2022

Kisah Doa Anak Saleh yang Sampai ke Almarhum Orangtuanya

Eramuslim.com – UMAT Islam meyakini bahwa doa anak saleh pasti sampai kepada orangtuanya yang sudah meninggal. Selain itu amalan baik seperti pahala membaca Alquran bisa dihadiahkan untuk almarhum orangtua. Apalagi bacaan kitab suci tersebut sebagian merupakan bentuk doa.

Zainuddin al-Malaibari dalam Irsyad al-‘Ibad (halaman 33) mengisahkan ada seorang laki-laki bermimpi melihat beberapa ahli kubur yang keluar dari kuburnya. Mereka kemudian sibuk memunguti sesuatu. Namun, belum diketahui apa yang sedang mereka punguti. Laki-laki itu kemudian menceritakan mimpinya sebagai berikut:

Aku sempat heran melihat pemandangan itu. Belum usai keherananku, terlihat ada seorang ahli kubur yang tengah duduk dan tidak ikut memunguti sesuatu bersama mereka. Aku coba menghampirinya dan bertanya, “Apa yang sedang dipunguti mereka?”

Ahli kubur yang duduk tadi menjawab, “Kebaikan yang berasal dari bacaan Alquran, sedekah, dan doa yang dihadiahkan kaum Muslimin untuk mereka.” Aku kembali bertanya, “Lantas mengapa engkau tak ikut memungutinya?” Dijawabnya, “Aku sudah cukup.”

Aku pun bertanya lagi, “Karena apa engkau tidak memerlukannya?” Dijawab oleh ahli kubur tersebut, “Dengan khatam Alquran yang dilakukan dan dihadiahkan oleh anakku setiap hari. Anakku ada di pasar ini dan berjualan zalabiyah (sejenis makanan ringan berbahan tepung dan telur).”

Keesokan paginya, setelah terbangun, aku langsung pergi ke pasar yang disebutkan ahli kubur dalam mimpi semalam. Benar saja di sana ada seorang anak muda yang berdagang zalabiyah, sedangkan kedua bibirnya tak pernah henti berucap. Aku pun menanyakannya, “Mengapa engkau tak henti menggerakkan kedua bibirmu?” Si anak muda menjawab, “Aku sedang membaca Alquran lalu menghadiahkannya kepada ayahku sudah di alam kubur.”

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Perkara Ini Jadikan Sedekah Sia-Sia

Kamis, 07/07/2022 16:15

Jadilah Kekuatan Al-Haq

Jumat, 10/06/2022 10:02

Memilih Menjadi Golongan Bertaubat

Kamis, 09/06/2022 13:05

Hikmah Lainnya

Trending