Sabtu, 12 Rajab 1444 H / 4 Februari 2023

Maut adalah Pemberi Nasihat Terbesar, Begini Kata Orang-Orang Bijak

Eramuslim.com – Syaikh Umar Sulaiman al Asygar dalam bukunya berjudul Ensiklopedia Kiamat mengingatkan bahwa orang yang berakal adalah yang dapat mengambil pelajaran, sebab maut adalah pemberi nasihat terbaik.

Sebagian ahli zuhud ditanya, “Apakah nasihat yang paling besar?”

Jawabnya, “Merenungkan orang-orang mati.”

Al-Qurthubi dalam at-Tudzkirah melukiskan maut dengan sangat baik, “Ketahuilah bahwa maut adalah hal yang menakutkan, perkara yang menyeramkan, cangkir yang rasanya menjijikkan. Sesungguhnya maut itu menghancurkan kelezatan, memutuskan kesenangan, dan mendatangkan hal-hal yang dibenci. Hal yang memutuskan hubunganmu, memisahkan anggota tubuhmu, menghancurkan sendi-sendimu pastilah perkara yang menakutkan, sesuatu yang besar, dan harinya pastilah hari yang besar.”

Sebagaimana hidup merupakan tanda kekuasaan Allah, maka maut juga tanda kekuasaan Allah, tetapi jangan Anda katakan bahwa itu aneh.

Allah berfirman, “Mengapa kamu kafir kepada Allah, padahal kamu tadinya mati, lalu Allah menghidupkan kamu, kemudian kamu dimatikan dan dihidupkan-Nya kembali, kemudian kepada-Nya lah kamu dikembalikan.” (QS al-Bagarah: 28)

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3 4

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

5 Keutamaan Hari Jum’at

Jumat, 01/10/2021 08:49

Cara Firaun Pelihara Kekuasaannya

Minggu, 26/09/2021 15:35

Hikmah Lainnya

Trending