Rabu, 9 Rajab 1444 H / 1 Februari 2023

Mengapa Alquran Memberi Perhatian Besar Pada Orang Munafik?

Eramuslim.com – Di Alquran kita akan menemukan surat Al-Munafiqun. Mengapa Alquran memberi perhatian besar terhadap mereka?

Masyarakat terbagi tiga macam. Pertama, masyarakat yang secara perseorangan berusaha mencegah dirinya sendiri dari godaan nafsu yang mendorong kepada kejahatan (ammarah bissu), kemudian digugah oleh nafsunya sendiri yang menyalahkannya dan mengoreksinya (lawwamah), sehingga menjadi nafsu yang tenang (mutmainnah). Masyarakat yang terdiri dari orang-orang yang demikian selalu diliputi kebajikan.

Apabila tidak memiliki nafsu yang menggugah dan mengoreksi (lawwamah), orang-orang lain yang memiliki nafsu demikian yang akan melakukannya.

Jadi yang pertama dari nafsu kepada nafsu. Nafsu lawwamah menggugah dan mengoreksi nafsu ammarag sehingga terjadi keseimbangan pada dirinya tanpa campur tangan pihak luar.

Kedua, perorangan (individu) yang hanya memiliki nafsu ammarah (pendorong ke arah kejahatan) tanpa mau mengoreksi diri sendiri. Kemudian tampil kaum yang ditugaskan Allah swt. untuk memelihara unsur-unsur kebaikan dan mengajak masyarakat kepada yang makruf dan mencegah kemungkaran.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Bagaimana Bentuk Fisik Jin?

Kamis, 08/08/2019 06:30

Akhlak Hidup Bertetangga

Rabu, 07/08/2019 17:30

Tiga Golongan Penghuni Surga

Selasa, 06/08/2019 17:00

Hikmah Lainnya

Trending