Senin, 3 Zulhijjah 1443 H / 4 Juli 2022

Kenapa Jin Takut Ganggu Orang yang Baca Ayat Kursi?

Eramuslim.com -Mengapa jin tak berani mengganggu orang yang membaca ayat kursi? Berikut ini penjelasan ilmiah dan logisnya.

Jin Sendiri Mengaku Tak Berani Mengganggu

Dalam sejumlah hadits, jin mengaku bahwa mereka tidak akan mengganggu orang yang membaca ayat kursi.

“Apabila kamu hendak pergi ke peraduan, bacalah ayat kursi. Sesungguhnya engkau akan terus menerus mendapat pemeliharaan dari Allah dan tiada setan yang berani mendekatimu hingga pagi hari,” kata jin kepada Abu Hurairah saat ia tertangkap dan hendak dibawa ke hadapan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Rasulullah membenarkan perkataan jin itu.

Jin juga pernah tertangkap oleh Abu Ayyub Al Anshari. Agar dilepaskan, ia mengajarkan sebuah rahasia dari kaumnya. Yakni jika seseorang membaca ayat kursi, takkan ada yang berani mengganggunya.

Ketika Abu Ayyub menceritakan hal itu kepada Rasulullah, beliau membenarkannya.

Ada pula jin yang bertemu Ka’ab. Ayah Ubay itu memergoki saat jin hendak mengambil kurmanya. Lalu jin mengungkapkan kelemahannya. Bahwa ayat kursi bisa melindungi manusia dari gangguan jin. Rasulullah juga membenarkan apa yang diceritakan oleh Ka’ab tersebut.

Penjelasan dalam Tafsir Al Misbah

Sebagian mufassir menjelaskan bahwa jin tidak berani mengganggu orang yang membaca ayat kursi karena ayat kursi menanamkan ke dalam hati pembacanya, kebesaran dan kekuasaan Allah serta pertolongan dan perlindungan-Nya.

Orang yang membaca ayat kursi, ia menyerahkan jiwa raganya kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, yang tiada tuhan kecuali Dia. Dan kepada-Nya pula ia memohon perlindungan.

Bisa jadi saat itu bisikan iblis terlintas. “Yang kamu mintai pertolongan itu dulu pernah ada, tapi kini telah mati.” Maka penggalan ayat berikutnya menjawab kekeliruan itu. Bahwa Dia al hayyu (الْحَيُّ) yang Mahahidup dengan kehidupan yang kekal.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Rekomendasi

2 Qullah itu Berapa Liter?

Kamis, 18/05/2006 09:59

Hari Kiamat

Senin, 26/06/2006 08:17

Pilihlah Karena Agamanya

Selasa, 07/04/2009 13:48

Selamat Jalan Para Mujahid

Rabu, 09/12/2020 20:40

Baca Juga

Hikmah Lainnya

Trending