Senin, 3 Zulhijjah 1443 H / 4 Juli 2022

Menurut Imam Ghazali soal Pahala Menawarkan Makan Pada Tamu

Eramuslim.com – Imam Ghazali mengatakan tuan rumah boleh meminta usulan kepada tamu yang akan dijamunya apa yang ingin dimakan. Pahala besar jika tuan rumah dapat menyediakan makanan sesuai yang disukai para tamunya.

“Bila melakukannya akan memperoleh pahala yang sangat besar,” kata Imam Ghazali dalam kitabnya Ihya Ulumiddin. Dari Jabir ra meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda:

“Barangsiapa memberi makanan lezat kepada saudaranya sesuai dengan seleranya maka Allah SWT akan menuliskan baginya ribuan kebaikan, dan menghapus darinya ribuan keburukan serta mengangkat beribu-ribu derajat untuknya dan Allah akan memberinya makanan dari tiga surga, yaitu surga firdaus surga adn dan surga khulud.”

Menurut Imam Ghazali tidak sepantasnya seseorang berkata kepada temannya atau tamunya, maukah engkau aku suguhi makanan? Akan tetapi hendaknya dia langsung menyuguhkan makanan kepadanya. “Jika dia suka pasti akan memakannya dan jika tidak suka dia boleh mengangkatnya begitulah pendapat Imam ats Tsauri,” katanya.

Menurut Imam Ghazali termasuk adab dan etika makanan adalah tidak mengusulkan menu makanan tertentu kepada temannya, yang barangkali akan memberatkannya. Kecuali apa bila dia percaya kalau temannya sanggup. “Dan jika sudah mengusulkan salah satu dari dua jenis menu makanan, maka memilih makanan yang paling mudah,” kata Imam Ghazali.(ihram)

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Kerudung Tipis Hafshah…

Jumat, 12/02/2021 06:15

Hikmah Lainnya

Trending