Senin, 16 Muharram 1444 H / 15 Agustus 2022

Miliki Tiga Hal Ini, Anda Bagai Diberikan Dunia Seisinya

Eramuslim.com – Islam adalah agama samawi yang mengajarkan kesederhanaan kepada seluruh pemeluknya. Islam mengajarkan qonaah, merasa cukup atas semua yang dikaruniakan oleh Allah Ta’ala. Jika diberikan ujian dan cobaan, Islam mengajarkan kesabaran dan sifat itu menjadi kebaikan bagi pelakunya. Dan, saat dikaruniai nikmat berlimpah, Islam amat melarang bermewah-mewah, tetapi anjuran agar pemeluknya senantiasa bersyukur atas semua nikmat yang diamanahkan kepadanya.

Secara global, nikmat hidup terdiri dari tiga aspek; fisik, otak, dan jiwa. Jika ketiga aspek penyusun tubuh manusia itu telah dicukupi kebutuhan asasinya, maka sempurnalah kenikmatan seorang hamba.

Tubuh yang Sehat

Ini adalah kendaraan. Seorang hamba bisa melakukan ibadah dan segala amal saleh secara optimal jika badannya sehat. Mata yang sehat sehingga bisa membantu untuk membaca al-Qur’an dan melihat bukti Kekuasaan Allah Ta’ala di alam semesta, telinga yang normal sehingga mampu mendengarkan ayat-ayat-Nya saat dibacakan dan kalimat-kalimat kebaikan lainnya, pun mulut yang senantiasa digerakkan lidahnya untuk memuji dan mengingat nama-nama Allah Ta’ala yang agung dan mulia.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Keajaiban Datang Bersama Ketulusan

Rabu, 28/04/2021 11:45

Hikmah Lainnya

Trending