Ahad, 2 Zulhijjah 1443 H / 3 Juli 2022

Nabi Pun Pernah Menyuruh Ali Untuk Diet

Eramuslim – DIET jadi cara alternatif seseorang ingin mengurangi berat badan berlebihan. Ternyata Rasulullah shalallahu alaihi wassalam pun menganjurkannya, karena diet pangka segala obat.

Dikutip dari buku pintar ‘Sains dalam Alquran Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah’, karya Dr. Nadiah Thayyarah, dari Ummi Mundzir bint Qais al-Anshariyah, ia berkata:

Rasulullah menemuiku bersama Ali. Ketika itu Ali sedang sakit dan belum sembuh total. Kami memiliki buah anggur yang tergantung. Kemudian Rasulullah memakannya. Ali pun bangkit untuk ikut makan. Tetapi Rasulullah melarangnya dan berkata kepada Ali, jangan, kau ini baru sembuh dari sakit.’ Ali pun berhenti dan tak jadi makan. Kemudian aku memasak gandum dan gula, lalu kubawa masakan itu menghadap Rasulullah. Beliau lalu bersabda, ‘Wahai Ali, makanlah ini, karena ini lebih bermanfaat bagimu.” (HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah).

Seorang dokter dari Arab, Al-Harits ibn Kildah mengatakan, diet adalah pangkal segala obat dan lambung adalah tempat penyakit. “Pangkal kesehatan dan kesembuhan adalah diet,” ujarnya.

Ibnu Qayyim berkata, “diet ada dua macam; diet dari segala sesuatu yang mendatangkan penyakit, dan diet dari segala sesuatu yang menambah penyakit. Pertama adalah dietnya orang sehat dan kedua adalah dietnya orang sakit.

Diet yang paling penting adalah diet yang dilakukan oleh orang yang baru sembuh dari sakitnya, karena kondisi tubuhnya belum pulih seperti sediakala. Tubuhnya mungkin sudah terasa fit, namun sistem pencernaannya masih lemah. Apabila ia dipaksa mengonsumsi.segala macam makanan justru dapat membahayakan dirinya.

Hal ini menjelaskan larangan Nabi kepada Ali memakan anggur saat Ali baru sembuh dari sakit, yakni merupakan langkah terbaik. Anggur ini bersifat lembap dan basah. Buah-buahan dapat membahayakan orang yang baru sembuh dari penyakit karena sifatnya yang cepat berubah. Sebab sesuatu yang lembap dapat membebani lambung.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

6 Tanda Kiamat Menurut Rasulullah

Kamis, 09/07/2020 16:00

Hikmah Lainnya

Trending