Kamis, 9 Rabiul Awwal 1444 H / 6 Oktober 2022

Rasulullah Suka Makan Daging?

Nabi menganggap daging bersih. Menurut riwayat Ibnu Abbas, “Nabi memakan daging yang ada di tulang punggung, kemudian setelah itu beliau bangkit dan sholat tanpa berwudhu lagi” (Bukhari).

Nabi mengonsumsi daging selama perjalanannya. Jabir bin Abdullah meriwayatkan, “Selama masa Nabi, kami biasa membawa daging hewan qurban (sebagai makanan perjalanan) ke Madinah” (HR Bukhari)

Kemudian menurut riwayat Aisyah, Nabi mengagumi pemberian daging. “Saya tidak pernah merasa begitu cemburu pada wanita mana pun seperti saya terhadap Khadijah, meskipun dia telah meninggal tiga tahun sebelum Nabi menikahi saya, dan itu karena saya mendengar dia terlalu sering menyebut-nyebutnya, dan karena Tuhannya telah memerintahkan dia untuk memberikan kepadanya kabar gembira bahwa dia akan memiliki istana di surga, terbuat dari qasab, dan karena dia biasa menyembelih seekor domba dan membagikan dagingnya kepada teman-temannya.” (HR Bukhari).

Peneliti modern juga mulai mengategorikan daging sebagai bagian penting dari makanan. Selama bertahun-tahun, itu tidak populer di industri kesehatan karena lemak, dan berpotensi pada penyakit jantung dan obesitas.

Struktur daging juga membutuhkan waktu pencernaan yang lebih lama. Hal ini yang menyebabkan sembelit dan meningkatkan toksisitas tubuh.

Namun, para ahli mengetahui bahwa daging merupakan satu-satunya sumber yang mengandung cukup vitamin, dan mineral tertentu. Itulah mengapa kebanyakan vegetarian menjadi kekurangan nutrisi ini seiring waktu.

Daging memang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. “Orang membaca laporan bahwa daging merah menyebabkan kanker dan penyakit jantung sehingga mereka pikir mereka harus berhenti makan daging. Apa yang tidak mereka sadari adalah bahwa orang-orang dalam penelitian ini makan lebih dari sepuluh ons sehari. Makan tiga sampai lima ons sehari cukup menyehatkan,” kata Pemilik dari High-Performance Nutrition di Pulau Mercer, Washington, Susan Kleiner.

Salah satu nutrisi terpenting yang ditemukan dalam daging adalah zat besi, mineral yang meningkatkan kapasitas pembawa oksigen dalam darah. Tanpa zat besi yang cukup, sel darah merah kita mengecil dan akan mulai merasa lelah.

Wanita dan atlet bahkan lebih berisiko mengalami anemia karena kekurangan zat besi karena tubuh mereka menggunakan lebih banyak zat besi akibat menstruasi dan olahraga. (rol)

← Halaman sebelumnya

Halaman 1 2Lihat semua

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Jangan Anggap Remeh Dosa Kecil

Jumat, 07/08/2020 14:00

Cara Ampuh Mengusir Galau

Jumat, 07/08/2020 12:00

Ciri-Ciri Orang Ikhlas

Jumat, 07/08/2020 11:15

Hikmah Lainnya

Trending