Rabu, 12 Rabiul Akhir 1441 H / 11 Desember 2019

Perbuatan yang Menghapuskan Amal-amal Shalih

Eramuslim – INILAH pembahasan yang akan menyelamatkan kita di hari kiamat. Karena pada hari kiamat banyak manusia meratapi catatan amalnya. Apa yang mereka temukan dalam catatan amalnya? Ternyata banyak amal saleh yang dibuat di dunia tidak tercatat.

Di mana salatku?
Di mana Itikafku?
Di mana hajiku?
Aku telah membantu mengayomi anak yatim.
Aku telah berbuat baik kepada ibu dan bapakku.
Aku telah menyambung silaturrahim.
Aku telah Umrah kenapa tidak tercatat?
Aku telah memburu malam lailatul qadr kenapa tidak satupun tertulis?
Aku rajin berinfak, aku membangun masjid. Kenapa tidak ada yang dicatat di buku catatan amal?

Sungguh banyak orang yang nanti meratap. Dan ketika dijawab oleh Allah, jawaban itu mampu membungkam mulut-mulut mereka. Bahwa benar dahulu ia telah melakukan perbuatan-perbuatan yang menyebabkan amal-amalnya hilang. Inilah penghapus-penghapus amal yang bisa menyebabkan amalan saleh kita lenyap.

Pertama, Melakukan syirik akbar. Syirik ada dua macam. Yaitu syirik ashghar dan syirik akbar. Jika melakukan syirik ahsghar, maka dapat menghapus amalan, khusus yang saat itu ia lakukan saja. Sedangkan jika melakukan syirik akbar, maka seluruh amalan yang pernah dilakukan ketika hidup akan terhapus, dan ia akan kekal selama-lamanya di neraka (Jika tidak bertobat). Tidak ada seorangpun bisa menolongnya walaupun misal ayah kandungnya adalah Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

Baca Juga

Hikmah Lainnya

Trending