Sabtu, 21 Muharram 1444 H / 20 Agustus 2022

Ramadhan Akan Pergi, Ini 10 Keutamaan Lapar yang Jarang Diketahui

6. Lapar Bisa Menahan Kantuk dan Memudahkan untuk Ibadah Malam
Sebaliknya, kebanyakan makan bisa menyia-nyiakan umur. Dan meskipun tidur bisa ditundukkan, lalu seseorang mengerjakan sholat tahajud, orang yang kekenyangan tidak akan mendapatkan kelezatan dalam beribadah.

7. Lapar Memudahkan Seseorang untuk Tekun Beribadah
Dengan menahan lapar, seseorang tidak akan disibukkan oleh urusan jual beli bahan makanan, memasak, dan bolak-balik ke kamar mandi. Sari As-Saqathi mengatakan: “Aku melihat Ali Al-Jurjani mempunyai sawiq (bubur dari tepung gandum) dan ia memakannya tanpa kuah. Lalu kutanyakan kepadanya, Apa yang membuatmu melakukan ini?”

Ali menjawab: “Antara mengunyah roti dan menyantap sawiq ada selisih waktu sebanyak 70 bacaan tasbih. Aku sendiri sudah 40 tahun tidak mengonsumsi roti.” Lihatlah bagaimana beliau sangat berhati-hati dalam mengatur waktunya agar tidak hilang hanya untuk mengunyah roti.

Puasa, iktikaf, dan menjaga diri tetap dalam keadaan berwudhu merupakan keuntungan yang sangat besar yang bisa dilakukan dengan mudah oleh orang yang makan sedikit.

Abu Sulaiman Ad-Darani mengatakan: “Siapa yang makan hingga kenyang, ada enam dampak negatif baginya. Ia kehilangan manisnya beribadah, tidak mampu lagi memelihara hikmah, berkurang rasa ibanya kepada sesama, ibadah terasa berat baginya, dan bertambah nafsunya. Dampak terakhir, saat orang-orang mukmin beraktivitas di masjid, ia justru sibuk beraktivitas di sekitar tempat sampah dan toilet.”

8. Lapar Bisa Menyehatkan Badan dan Mencegah Datangnya Penyakit
Lambung adalah habitat bagi berbagai penyakit. Dan itu bisa dicegah dengan tidak banyak makan. Pesan Nabi shalallahu ‘alaihi wa aalihi wa shahbihi wa salam menyatakan: “Berpuasalah maka kalian akan sehat.” Jadi, puasa dan sedikit makan menyehatkan badan dan hati.

9. Sedikit Makan Meringankan Biaya Hidup
Para ahli makrifat mengatakan: “Sesungguhnya aku memenuhi sebagian besar kebutuhan hidupku dengan mengabaikannya (tidak memenuhinya) sehingga lebih melegakan hatiku.”

10. Sedikit Makan Mendorong Seseorang untuk Bersedekah
Orang yang sedikit makan akan menyedekahkan kelebihan makanan sehingga pada Hari Kiamat nanti ia akan dinaungi oleh amalan sedekahnya.

Wallahu A’lam [Rusman H Siregar/sindonews]

← Halaman sebelumnya

Halaman 1 2 3Lihat semua

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Merencanakan Kematian

Selasa, 11/05/2021 07:30

Ketika Bidadari Turun ke Bumi…

Senin, 10/05/2021 07:45

Hikmah Lainnya

Trending