Kamis, 29 Zulqa'dah 1443 H / 30 Juni 2022

Masjid Lautze

Namanya masjid Lautze. Nama itu mengikuti tempat lokasi masjid yang terletak di jalan Lautze nomor 87 sampai dengan 89, belakang gedung Pasar Baru Jakarta Pusat. Letaknya di antara ruko yang berjejer di jalan itu.

Kalau dilihat dari luar, Masjid Lautze nyaris tidak seperti masjid umumnya. Tanpa kubah, tanpa kaligrafi, dan bangunannya berbentuk ruko yang lebih mirip toko atau kantor bisnis lainnya. Warna pintu pun merah solid yang hampir tidak satu masjid pun memilih warna itu untuk ornamen bangunannya. Hanya bentuk pintunya saja yang menyerupai masjid umumnya: berbentuk elips di bagian atas.

Begitu pun ketika memasuki masjid. Warna merah dan kuning keemasan bertaburan di mana-mana, layaknya kelenteng. Bahkan di dekat mimbar, terdapat tulisan kaligrafi ayat-ayat Alquran dari bahan kertas yang dibuat dengan teknik kaligrafi Tionghoa klasik.

Hal ini dimaksudkan agar jamaah masjid yang sebagian besar mualaf tionghoa tidak merasa asing dengan suasana masjid.

Masjid yang diresmikan pada Februari 1994 ini, awalnya hanya sebagai pusat informasi keislaman. Baru empat tahun kemudian, masjid yang di bawah pengurusan Yayasan Haji Karim Oey ini bersedia menerima pengislaman. Sembilan puluh lima persen yang masuk Islam melalui masjid ini adalah warga etnis Tionghoa.

Masjid ini cukup aktif. Selain selalu ramai pada shalat Jumat, tiap Ahad ada pengajian rutin. Dari jam sepuluh pagi sampai zuhur, diselenggarakan pengajian untuk umum. Dan setelah zuhur, ada pengajian khusus mualaf.

Sayangnya, tidak semua waktu shalat ramai dikunjungi jamaah. Karena berlokasi di kawasan yang jauh dari permukiman, masjid ini biasanya ramai pada saat shalat zuhur dan ashar saja.

Menurut Pak Awi, seorang mualaf yang juga bertugas mengurus masjid ini, jamaah shalat Masjid Lautze hanya di waktu Zuhur dan Ashar. "Karena lingkungannya yang perkantoran, hanya Zuhur dan Ashar saja masjid ini dipakai. Kecuali shalat Jumat yang ramai!" ujar pengurus yang juga berdagang mie ayam halal di depan masjid ini.

Saat ini, Masjid Lautze punya tiga cabang. Ada di Tangerang, Bandung, dan Cirebon. (mn)

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Masjid Kubah Emas

Rabu, 15/10/2008 12:46

Masjid Pintu Seribu

Rabu, 08/10/2008 11:08

Masjid Luar Batang

Kamis, 25/09/2008 15:06

Masjid Kebon Jeruk

Kamis, 18/09/2008 15:35

Rihlah Lainnya

Trending