Kamis, 9 Rabiul Awwal 1444 H / 6 Oktober 2022

Sedekah yang Paling Utama Menurut Rasulullah

Eramuslim.com – Para sahabat pun kaget dengan kalimat yang disampaikan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam, “Satu dirham mengungguli seratus ribu dirham.” Maka mereka pun bertanya, “Wahai Rasulullah, bagaimana mungkin hal itu bisa terjadi?”

Jawab Nabi yang mulia sebagaimana diriwayatkan oleh Imam an-Nasa’i dan Ahmad bin Hanbal, “Seseorang hanya memiliki dua dirham, dan dia sedekahkan yang satu dirham. Sedangkan orang lain memiliki harta yang melimpah, dan hanya bersedekah dengan seratus ribu dirham dari hartanya itu.”

Inilah sedekah yang paling utama; bukan besarannya, tapi prosentase dari kekayaan yang dimiliki disertai kesungguhan, keihklasan, serta pengorbanan seseorang untuk beramal.

Maka orang pertama yang bersedekah dengan satu dirham lebih mulia dan unggul karena menyedekahkan lima puluh persen dari harta yang dimiliki.

Sedangkan orang kedua terungguli derajatnya, sebab melimpahnya kekayaan dan sedekah seratus ribu dirham tak ada maknanya bagi orang tersebut. Bahkan, saat disedekahkan sebanyak itu pun, orang ini masih memiliki berkali lipat harta dari yang disedekahkan itu.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Kenikmatan Yang Merugikan

Kamis, 26/08/2021 13:00

Tanda Diterima atau Ditolaknya Amal

Kamis, 26/08/2021 12:00

Ya Allah, Hidupkan Kembali Ibuku…

Kamis, 26/08/2021 11:00

Hikmah Lainnya

Trending