Jum'at, 14 Jumadil Awwal 1444 H / 9 Desember 2022

Siapa Melakukan Ini, Maka Dibukakan Pintu Surga Baginya

Eramuslim.com – Hari itu, Nabi Shallallahu ‘alahi wa Sallam berkata, “Demi Rabb yang jiwaku berada di Tangan-Nya.” Beliau mengucapkan itu sebanyak tiga kali, lalu menunduk sambil menangis. Karenanya, sahabat yang hadir pun ikut merasakan kesedihan yang dialami Nabi, sehingga mereka pun menangis.

Para sahabat tidak mengetahui, mengapa Nabi bersumpah, mengapa beliau sesedih itu. Tak lama kemudian, beliau mengangkat kepala. Saat mengangkat wajah itulah, para sahabat melihat rona bahagia pada wajah Nabi.

Jika kesedihan Nabi yang pertama mengakibatkan para sahabat ikut menangis, maka dalam bahagia pada wajah Nabi lebih disukai oleh para sahabat, “Bagi kami, hal itu lebih kami senangi dari unta merah.”

Padahal, unta merah diguanakan untuk menggambarkan harta dan kekayaan yang sangat agung sebab jumlahnya besar.

Apakah yang membuat Nabi bersedih, kemudian beliau berbahagia? Tentunya, ada hal amat penting yang akan beliau sampaikan.

“Tidak ada seorang hamba pun yang shalat lima waktu, puasa Ramadhan, mengeluarkan zakat, dan menjauhi tujuh dosa besar,” sabda Nabi memulai sebagimana diriwayatkan dari Abu Hurairah, “kecuali akan dibukakan baginya pintu-pintu surga.”

“Kemudian,” pungkas Nabi sebagaiamana diriwayatkan oleh Imam an-Nasa’i, al-Hakim, dan Ibnu Hibban, “dikatakan kepada mereka, ‘Masuklah dengan aman.’”

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Hikmah Lainnya

Trending