Rabu, 12 Jumadil Awwal 1444 H / 7 Desember 2022

Adab Membaca Surah Pendek Ketika Sholat

Eramuslim – KETIKA melakukan sholat 5 waktu atau sholat sunah lainnya, kaum Muslimin terkadang membaca surah pendek setelah membaca Surah Al Fatihah. Ternyata terdapat adab-adabnya membaca surah pendek dalam sholat.

Surah pendek yang dibaca sebaiknya tidak sama dalam setiap rakaat sholat. Sebaiknya dilakukan secara bervariasi dan ini dinilai bagian dari tilawah.

“Dalam membaca surah-surah pendek ketika sholat, dianjurkan untuk membaca surah pendek yang berbeda dan tidak sama di setiap rakaat,” ungkap Ustadz Dr Khalid Basamalah, dikutip dari akun Youtube Lentera Islam, Rabu (22/7/2020).

Hal itulah yang dilakukan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam di setiap sholat. Jika memang ingin membaca surah yang sama di setiap rakaat kedua, misalnya dalam sholat yang berbeda, itu boleh-boleh saja.

Sebagaimana sahabat Nabi yang sering membaca Surah Al Ikhlas di rakaat kedua sholat. Sementara di rakaat pertama surahnya diacak.

Lalu makmum-makmumnya melaporkan kepada Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bahwa imam tersebut selalu membaca Surah Al Ikhlas di rakaat kedua dalam sholat yang berbeda.

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam pun bertanya kepada sahabatnya itu, “Mengapa engkau membaca seperti itu?” Lalu sahabatnya menjawab, “Karena saya mencintai surah itu ya Rasulullah.”

Maka itu, tidak apa jika dilakukannya seperti itu, kecuali dalam Sholat Isya membaca satu surah dalam keempat rakaat. Bisa dilakukan jika dalam sholat yang berbeda, dan dianjurkan untuk membaca surah yang bervariasi.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Ini Keutamaan Bulan Dzulhijjah

Rabu, 22/07/2020 11:15

Renungan Aa Gym: Suap dan Korupsi

Rabu, 22/07/2020 10:20

Hikmah Lainnya

Trending