Selasa, 4 Jumadil Awwal 1444 H / 29 November 2022

Studi : Gerakan Sholat Bisa Mengurangi Sakit Punggung

Eramuslim – Umat Muslim diwajibkan untuk sholat lima kali dalam sehari. Sholat memberikan mereka menyisihkan sedikit waktunya di dunia untuk berhubungan dengan Allah. Sebagaimana dalam surat An-Nisa ayat 103 berbunyi :

فَاِذَا قَضَيْتُمُ الصَّلٰوةَ فَاذْكُرُوا اللّٰهَ قِيَامًا وَّقُعُوْدًا وَّعَلٰى جُنُوْبِكُمْ ۚ فَاِذَا اطْمَأْنَنْتُمْ فَاَقِيْمُوا الصَّلٰوةَ ۚ اِنَّ الصَّلٰوةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ كِتٰبًا مَّوْقُوْتًا

Selanjutnya, apabila kamu telah menyelesaikan shalat(mu), ingatlah Allah ketika kamu berdiri, pada waktu duduk dan ketika berbaring. Kemudian, apabila kamu telah merasa aman, maka laksanakanlah shalat itu (sebagaimana biasa). Sungguh, shalat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.

Selain itu, sholat ternyata memiliki banyak manfaat dalam berbagai sisi. Dilansir About Islam, Ahad (15/11), secara psikologis, sholat memberikan istirahat dari rutinitas sehari-hari dan kebebasan sesaat dari tekanan mental yang menyertai beban kehidupan. Secara spiritual, sholat memberikan kesempatan untuk terhubung kembali dengan Allah.

Penelitian di Binghamton University AS kini menunjukkan shalat dapat bermanfaat bagi kesehatan fisik. Para peneliti menjelaskan gerakan fisik yang dilakukan selama shalat, jika dilakukan secara teratur dan sesuai aturan, dapat mengurangi nyeri punggung bawah dengan cara yang mirip seperti intervensi terapeutik umum lainnya.

Selain gerakan fisiknya, sholat bisa menimbulkan keadaan rileks saat seseorang terhubung dengan Allah. Efek relaksasi pada tubuh ini dapat menurunkan tekanan darah dan detak jantung, yang pada akhirnya membantu otot untuk rileks.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Keutamaan Mendirikan Sholat Sunnah

Kamis, 12/11/2020 15:30

Hikmah Lainnya

Trending