Sabtu, 4 Rabiul Awwal 1444 H / 1 Oktober 2022

3 Langkah Nabi Muhammad Dalam Berdakwah

Eramuslim – Nabi Muhammad Saw diutus oleh Allah ke bumi untuk menyebarkan agama Islam. Dalam rentang waktu 23 tahun, beliau kemudian berhasil membawa manusia dari zaman kegelapan menuju zaman yang terang benderang.

Dikutip dari buletin Tanwirul Afkar, Katib Ma’had Aly Situbondo Ustaz Khairuddin Habziz mengungkapkan bahwa As-Syahid Syekh Ramadhan Al Buthy dalam kitab Fiqh Sirah-nya telah menyebutkan tiga langkah kesuksesan Nabi dalam dakwah Risalah Islamiyah.

Pertama, yaitu membangun masjid (Bina’ul Masjid). Menurut Ustadz Khairuddin, Rasulullah tentu tidak haya membangun masjid secara fisik, tapi juga memakmurkan dan memberdayakannya. Menurut dia, masjid saat itu benar-benar menjadi pusat pergerakan penataan dan perbaikan umat dengan segala demensinya. Dari persoalanan keagamaan hingga persoalan kenegaraan.

Kedua, Rasulullah mempersaudarakan kaum Muhajirin dan Anshar (At-ta’akhi bainal Muhajirin wal Anshar). Menurut Ustadz Khairuddin, dua elemen masyarakat Madinah ini lah yang kelak akan menjadi penunjang utama dakwah Nabi. Persaudaran sejati yang dibangun berada dalam visi dan misi yang sama, yaitu la aisya illa aisyal akhirah. Artinya, tidak ada kehidupan hakiki kecuali kehidupan akhirat.

Ustadz Khairuddin menjelaskan, persaudaraan yang dilukiskan Nabi ibarat sebatang tubuh yang akan turut merasakan penderitaan saat ada salah satu anggotanya yang sakit. Sebagai makhluk sosial, membangun kebersamaan, tepo selero, persatuan dan kesatuan adalah keniscayaan dalam menggapai keberhasilan

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Sudah Miskin Tapi Bersikap Sombong

Kamis, 05/11/2020 14:15

Saat Manusia Ditanya di Alam Kubur

Kamis, 05/11/2020 12:15

2 Fenomena Ironis Ustadz

Rabu, 04/11/2020 19:15

Tafakur Lainnya

Trending