Selasa, 11 Jumadil Awwal 1444 H / 6 Desember 2022

5 Keburukan Akhir Zaman yang Sudah Terlihat Jelas

Eramuslim.com – RASULULLAH menyebutkan ada lima keburukan yang akan terjadi di akhir zaman. Mari kita berkaca apakah lima keburukan ini telah terjadi di zaman kita seraya bermuhasabah agar lima keburukan ini tidak menjangkiti kita dan keluarga kita.

Hari kiamat tidak akan terjadi hingga orang yang dapat dipercayai didustakan, sedangkan orang-orang yang berkhianat justru dipercaya, kemesuman dan kata-kata kotor merupakan fenomena umum di tengah masyarakat, terputusnya tali silaturahim, dan hubungan bertetangga yang buruk (HR. Ahmad; shahih)

Orang yang dapat dipercayai didustakan

Para ulama, dai, serta Muslim yang jujur dan amanah justru didustakan. Mungkin karena propaganda media, tirani penguasa atau memang orang-orang telah sangat durhaka.

Orang yang berkhianat justru dipercaya

Orang munafik atau orang yang suka menipu, mereka justru dipercaya. Dipercaya kata-katanya, dipercaya teori-teorinya bahkan dipercaya sebagai pemimpin dan penguasa.

Kemesuman dan kata-kata kotor menjadi fenomena umum

Pikiran kotor melahirkan kata-kata kotor. Ketika orientasi syahwat menguasai, lisan pun tak bisa menjaga kehormatan diri. Kalimat-kalimat mulia semakin terkikis, termarjinalkan oleh gejolak nafsu yang mendominasi.

Terputusnya silaturahim

Ketika nafsu dan syahwat mendominasi, orang semakin bersifat nafsi-nafsi. Individualisme makin kuat, hubungan dan interaksi semata hanya bermotif duniawi. Di saat yang demikian, terputus sudah silaturahim. Bukan hanya kepada teman dan sahabat, bahkan terputus pula silaturahim dengan kerabat dekat.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Seperti Menggenggam Bara Api

Rabu, 08/09/2021 08:45

Menghadapi Lubang

Sabtu, 04/09/2021 11:30

Awas! Jadi Penipu Karena Utang

Minggu, 25/07/2021 09:00

Tafakur Lainnya

Trending