Selasa, 17 Muharram 1444 H / 16 Agustus 2022

6 Tips Bergaul Sesuai Syariat Islam

Eramuslim – KETERTARIKAN laki laki dan perempuan adalah fitrah dan sunnatullah (keniscayaan) sehingga Islam memberi solusi untuk menikah. Dan mengatur dengan bijak bagaimana seharusnya bergaul islami. Dalam Alquran surat Al Hujarat ayat 13:

“Wahai manusia! Sesungguhnya kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa bangsa dan bersuku suku supaya kamu saling kenal mengenal, sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling takwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.”

Dari ayat di atas kita bisa paham kenapa kita harus bergaul, karena memang Allah menjadikan kita makhluk sosial yang butuh teman, silahkan saja bergaul tapi ingat yang jadi tolak ukurnya adalah takwa. Untuk kita bisa bergaul baik, tidak sombong dan tidak keterlaluan maka yang harus kita jadikan pedoman adalah nilai Islam. Kita tidak mungkin bisa membuat semua orang suka atau senang dengan kita tapi lakukan yang terbaik sesuai aturan Alquran dan sunah sebagai pedoman asasi nya. Sementara sirah nabi Sebagai pedoman kita beramal.

Tips etika bergaul dalam Islam:

1. Setiap muslim harus menjaga pandangan matanya secara berlebihan terhadap lawan jenis. Hal ini terdapat dalam firman Allah surat An Nuur ayat 24, “Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, yang demikian itu adalah yang lebih suci dari mereka, sesunggunya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat“.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Kisah Abu Bakar dan Perempuan Tua

Selasa, 08/10/2019 15:15

Tafakur Lainnya

Trending