Senin, 16 Muharram 1444 H / 15 Agustus 2022

Ulama Melarang Menggambar Kiamat, Ini Alasannya

Eramuslim – RASULULLAH Shallallahu alaihi wa sallam bersabda, Allah berfirman, Aku sediakan untuk para hamba-Ku yang saleh, janji indah yang belum pernah dilihat oleh mata, belum didengar oleh telinga, dan belum pernah terlintas dalam batin manusia. (HR. Bukhari 3244).

Allah hanya menceritakan, namun bentuknya tidak ditampakkan. Agar menjadi ujian keimanan bagi para hamba. Karena itulah, para ulama melarang membuat ilustrasi kejadian hari kiamat. Apapun bentuknya. Baik kejadian kebangkitan, proses hisab, shirat yang membentang di atas neraka, timbangan (mizan), termasuk surga dan neraka. Ada beberapa alasan yang mendasari itu,

[1] Semua kejadian di hari kiamat tidak bisa dibayangkan manusia.
[2] Ilustrasi yang digambarkan, bisa dipastikan dusta, sangat jauh dari aslinya.
[3] Akan hilang kewibawaan akhirat di mata manusia.
[4] Orang ceroboh bisa lebih nekat dalam membayangkan akhirat.

Ilustrasi Tanda Tanda Kiamat

Imam Ibnu Utsaimin pernah ditanya tentang kasus orang membuat gambar kebun sebagai ilustrasi surga atau ilustrasi nyala api seolah itu neraka. Jawab beliau, Semacam ini tidak boleh dilakukan. Karena kita tidak mengetahui hakekat dari semua itu. seperti yang Allah firmankan, (yang artinya), “Tak seorangpun mengetahui berbagai nikmat yang menanti, yang indah dipandang sebagai balasan bagi mereka, atas apa yang mereka kerjakan.” (QS. As-Sajdah: 17). Dan seperti apa neraka juga tidak diketahui.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Pernikahan Terlarang Dalam Islam

Sabtu, 07/09/2019 16:33

Tips Manajemen Waktu dalam Islam

Jumat, 06/09/2019 14:15

Ujian Sebuah Keniscayaan Hidup

Jumat, 06/09/2019 12:45

Tafakur Lainnya

Trending