Jum'at, 14 Jumadil Awwal 1444 H / 9 Desember 2022

Baca Do’a Bepergian, InsyaAllah Perjalananmu Lebih Barokah dan Dilindungi Allah

Jalur Darat, Laut, Udara Ditutup, Masih Ada Jalur Doa – Radar Sulbar

eramuslim.com – Keluar rumah memang sudah menjadi kebutuhan setiap insan hampir di setiap harinya, entah jarak jauh maupun jarak dekat. Maka dari itu, supaya terhindar dari gangguan-gangguan syetan dan hal buruk lainnya, Islam telah mengajarkan untuk mengamalkan do’a bepergian dengan gamblang.

Beberapa Do’a Berpergian

Do’a merupakan senjatanya umat Islam. Oleh karena itu, Allah memerintahkan setiap hambanya senantiasa memanjatkan kalimat toyyibah pada semua kegiatannya, tidak terkecuali saat melakukan perjalanan. Untuk lebih jelasnya, berikut di antaranya:

1. Do’a Ketika Akan Keluar Rumah

Hadits tentang keutamaan membaca do’a keluar rumah

إِذَا خَرَجَ الرَّجُلُ مِنْ بَيْتِهِ فَقَالَ بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ، قَالَ: يُقَالُ حِينَئِذٍ: هُدِيتَ، وَكُفِيتَ، وَوُقِيتَ، فَتَتَنَحَّى لَهُ الشَّيَاطِينُ، فَيَقُولُ لَهُ شَيْطَانٌ آخَرُ: كَيْفَ لَكَ بِرَجُلٍ قَدْ هُدِيَ وَكُفِيَ وَوُقِيَ؟

”Apabila seseorang keluar dari rumahnya kemudian dia membaca doa di atas, maka disampaikan kepadanya: ‘Kamu diberi petunjuk, kamu dicukupi kebutuhannya, dan kamu dilindungi. Seketika itu setan-setanpun menjauh darinya. Lalu salah satu setan berkata kepada temannya. Bagaimana mungkin kalian bisa mengganggu orang yang telah diberi petunjuk, dicukupi, dan dilindungi.’ (HR. Abu Daud 5095, Turmudzi 3426, dan dishahihkan al-Albani)”.

Sebagaimana hadits tersebut yang menyatakan tentang keutaman berdo’a ketika sedang bepergian, keluar rumah memang sudah menjadi hal tidak terhindarkan bagi setiap orang. Bahkan, setiap makhluk bernyawa pasti akan mengalami sebuah perjalanan.

Seperti yang telah disebutkan dalam hadits riwayat Tirmidzi di atas, bahwa dengan berdo’a maka seseorang akan terhindar dan terlindungi dari gangguan syetan. Sebagai umat muslim, dianjurkan pula untuk mengamalkannya walaupun terkadang masih kerap kali lupa.

Do’a untuk bepergian inipun terdapat beberapa macam, tergantung kondisi safari yang akan dilakukan. Baik itu jauh, dekat, melalui darat maupun laut. Salah satu potongan di dalam hadits tersebut terdapat do’a keluar rumah, yaitu:

بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ

“Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah.”

 

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

12 Cara Rasulullah Hadapi Krisis

Selasa, 19/10/2021 11:45

Tafakur Lainnya

Trending