Sabtu, 14 Muharram 1444 H / 13 Agustus 2022

Dua Jenis Ambisi Manusia Terhadap Dunia

Eramuslim – DUNIA bagi kebanyakan manusia (kecuali yang Allah rahmati) melenakan dan memperdaya. Bahkan hingga manusia lalai dalam urusan akhiratnya. Sehingga semua waktu yang tersedia, siang dan malam, bahkan usianya, ia habiskan untuk mengumpulkan harta dunia. Ambisinya menguasai harta melalaikannya dari urusan akhirat.

Ibnu Rajab menggolongkan manusia dan ambisi mereka terhadap harta dunia ke dalam dua golongan. Golongan pertama adalah mereka yang sangat mencintai harta. Mereka semangat dalam mencarinya dengan cara yang mubah. Dan mereka cenderung berlebihan dalam mendapatkan dan mengusahakannya.

Meskipun dengan cara yang dibolehkan, halal, namun ambisi mereka dalam mencari dan mengumpulkan harta, melalaikan mereka dari mengingat Allah dan menyiapkan bekal kehidupan akhirat. Jelas hal ini adalah tercela. Dan mungkin inilah yang kebanyakan dapat ditemui sekarang ini.

Golongan kedua adalah manusia yang kondisinya lebih buruk dari golongan pertama. Ambisi mereka terhadap dunia sudah sangat besar. Sehingga golongan dua ini mencari dan menumpuk harta dunia dengan tidak peduli lagi dari mana dan bagaimana caranya mereka dapatkan. Mereka mengumpulkan harta dunia dengan cara yang diharamkan Allah. Mereka juga tidak menegakkan hak-hak harta sesuai perintah Allah.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Kebakhilan Memicu Sakit Hati

Selasa, 03/09/2019 14:00

Kepemimpinan itu Sungguh Berat

Selasa, 03/09/2019 13:45

Tips Menumbuhkan Keikhlasan Jiwa

Senin, 02/09/2019 16:30

Tafakur Lainnya

Trending