Sabtu, 4 Rabiul Awwal 1444 H / 1 Oktober 2022

Keutamaan Hari Jumat yang Perlu Diketahui

2. Waktu yang mustajab untuk berdoa

Di hari Jumat terdapat waktu yang tepat untuk berdoa dan meminta kepada Allah agar segala sesuatu bisa dilancarkan dan mendapatkan ampunan dari Allah SWT.

Ibnu Qayyim Al Jauziah menjabarkan: “Di antara sekian banyak pendapat ada dua yang paling kuat, sebagaimana ditunjukkan dalam banyak hadits yang sahih, pertama saat duduknya khatib sampai selesainya shalat. Kedua, sesudah ashar, dan ini adalah pendapat yang terkuat dari dua pendapat tadi,” (Zadul Ma’ad Jilid I/389-390).

3. Bersedekah pada hari Jumat

Sebagai umat Muslim, kita diwajibkan untuk bersedekah agar mendapatkan pahala dan dilancarkan rezeki kita. Bersedekah pada hari Jumat merupakan hal yang paling mulia

Ibnu Qayyim berkata: “Sedekah pada hari itu (Jumat) dibandingkan dengan sedekah pada enam hari lainnya laksana sedekah pada bulan Ramadhan dibanding bulan-bulan lainnya.” Hadits dari Ka’ab menjelaskan: “Dan sedekah pada hari itu lebih mulia dibanding hari-hari selainnya,” (Mauquf Shahih).

4. Wafat pada hari jumat adalah yang baik

Wafat pada hari Jumat adalah salah satu hal yang baik, meskipun meninggalkan seseorang yang kita cintai namun Allah SWT mengampuni segala dosanya dan menjauhkannya dari siksa kubur.

Rasulullah SAW bersabda “Orang Muslim yang meninggal pada malam hari atau pada hari Jumat, Allah Ta’ala menyelamatkannya dari siksa dalam kubur.” (H.R Tirmidzi)

← Halaman sebelumnya Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3Lihat semua

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Ciri-Ciri Orang Munafik

Jumat, 16/08/2019 15:15

7 Cara Supaya tidak Malas Salat

Jumat, 16/08/2019 14:30

Doa untuk Mengubah Takdir, Ada?

Jumat, 16/08/2019 14:00

Tafakur Lainnya

Trending