Ahad, 15 Muharram 1444 H / 14 Agustus 2022

Keutamaan Membantu Orang Lain

Eramuslim – BETAPA mulianya seorang muslim bila ia mengetahui benar tentang agamanya. Karena Islam mengajarkan dan memerintahkan pemeluknya untuk berakhlak mulia. Di antara kemuliaan akhlak yang diajarkan Islam adalah mendahulukan kepentingan orang lain atau membantu meringankan kesulitan orang lain.

Terdapat hadits yang menjelaskan keutamaan meringankan urusan orang lain, sekaligus perintah untuk hal itu. Dari Abu Hurairah radliyallahu anhu berkata, Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa yang melapangkan satu kesusahan dunia seorang mukmin, maka Allah melapangkan darinya satu kesusahan pada Hari Kiamat. Barangsiapa memudahkan (urusan) orang yang kesulitan (dalam masalah utang), maka Allah memudahkan baginya (dari kesulitan) di dunia dan akhirat. Barangsiapa menutup aib seorang muslim, maka Allah akan menutup (aibnya) di dunia dan akhirat. Allah senantiasa menolong seorang hamba selama hamba tersebut menolong saudaranya,.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dalam riwayat lain, beliau shalallahu alaihi wasallam bersabda, “Seorang Muslim adalah saudara orang muslim lainnya. Ia tidak boleh menzaliminya dan tidak boleh membiarkannya diganggu orang lain (bahkan ia wajib menolong dan membelanya). Barangsiapa membantu kebutuhan saudaranya, maka Allah akan melapangkan baginya dari salah satu kesempitan di hari kiamat dan barangsiapa menutupi aib seorang muslim, maka Allah menutupi aibnya pada hari kiamat,.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Renungan Aa Gym: Cara Raih Kebahagiaan

Selasa, 17/09/2019 16:00

Tafakur Lainnya

Trending