Jum'at, 3 Rabiul Awwal 1444 H / 30 September 2022

Kisah Abu Bakar dan Perempuan Tua

Eramuslim – Perjuangan Nabi Muhammad SAW dalam menyebarkan Islam tidak bisa dilepaskan dari peran sahabatnya Abu Bakar Ash Shidiq. Sebab Abu Bakar selalu siap sedia membantu Nabi dalam kondisi apapun.

Pada saat itu, Nabi Muhammad SAW pernah berkata kepada Abu Bakar ash Shidiq bahwa ia dapat masuk dari pintu surga mana pun yang ia inginkan karena ia menyelesaikan semua kebajikan. Selain itu Abu Bakar merupakan sosok yang terkenal dengan sifat yang jujur dan amanah.

Akhlak Abu Bakar ini memang pantas ditiru. Ia selalu mengingat Allah dengan melakukan ibadah rutin yakni bangun malam untuk Salat Tahajud. Kemudian ia pergi ke Madinah untuk membantu orang-orang yang membutuhkan.

Seperti dilansir About Islam, terdapat sebuah kisah kebaikan Abu Bakar saat ia menjadi khalifah. Kisah ini bermula ketika Umar bin Khattab yang juga sahabat Nabi Muhammad SAW penasaran Abu Bakar pergi ke mana.

Didorong rasa penasaran, Umar mulai mengikutinya. Ia melihat Abu Bakar mengunjungi sebuah gubuk kecil, dan menghabiskan waktunya di tempat itu setelah matahari terbit. Setelah itu Abu Bakar pergi meninggalkan gubuk tersebut.

Setelah melihat Abu Bakar pergi meninggalkan gubuk tersebut, Umar pun menelusuri apa yang sedang terjadi di gubuk itu. Umar pun mengetuk pintu dan ternyata ada seorang perempuan tua, lemah, dan buta membukakan pintu untuknya.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Anjuran Bertakwa dalam Mencari Rezeki

Selasa, 08/10/2019 14:15

Dua Jenis Tabungan dalam Kehidupan

Selasa, 08/10/2019 13:45

Setan dan Jin Berkeliaran Saat Magrib?

Selasa, 08/10/2019 12:45

Tafakur Lainnya

Trending