Sabtu, 12 Rajab 1444 H / 4 Februari 2023

Mengenal Jenis-Jenis Syirik

Eramuslim – Syirik termasuk sikap manusia yang dibenci Allah. Bisa dikatakan, syirik mempercayai kepada sesuatu selain Allah. Dijelaskan dalam buku Bahan Renungan Kalbu oleh Permadi Alibasyah, ada empat jenis syirik yang perlu diketahui umat Muslim.

  1. Syirik Ul-‘Ilm

Syirik jenis ini banyak terjadi di kalangan ilmuwan. Mereka mengagungkan ilmu pengetahuan sebagai Maha Segalanya. Mereka tidak mempercayai pengetahuan sebagaimana yang diwahyukan Allah. Misal, teori asal-usul manusia yang berasal dari kera.

  1. Syirik Ut-Tasarruf

Prinsip syirik ini, disadari atau tidak oleh pelakunya, menentang Allah Maha Kuasa dan segala kendali atas penghidupan manusia berada di tangan-Nya. Mereka percaya adanya perantara bagi Allah dan percaya sang perantara itu mempunyai kekuasaan. Misal, percaya Nabi Isa AS sebagai anak tuhan.

  1. Syirik Ul-Ibadah

Ini merupakan syirik yang menuhankan pikiran, ide-ide, atau fantasi. Mereka hanya percaya pada fakta-fakta konkrit yang berasal dari pengalaman lahiriah. Misal, seorang ateis yang tidak percaya tuhan.

4.Syirik Ul-‘Adah

Syirik ini adalah yang percaya pada tahayul. Misal, percaya angka 13 merupakan angka sial sehingga tidak ada yang mau menggunakan angka tersebut. Atau bisa juga menghubungkan kucing hitam dengan kejahatan, dan lain-lain. ROL

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Keutamaan Berbuat Baik

Selasa, 03/11/2020 14:15

Ganjaran Maksiat

Selasa, 03/11/2020 13:45

Cara Agar Jin tak Melihat Kita

Selasa, 03/11/2020 10:15

Tafakur Lainnya

Trending