Rabu, 14 Rabiul Awwal 1441 H / 13 November 2019

Modal Menuju Surga

Eramuslim – BAGAIMANAKAH luasnya surga? Lihatlah keterangan dalam ayat selanjutnya,

Dan surga yang lebarnya selebar langit dan bumi. Asy Syaukani rahimahullah mengatakan, Jika lebar surga saja selebar langit dan bumi. Lantas bagaimanakah lagi dengan panjangnya. Demikianlah luasnya surga. Namun sedikit yang mengetahui hal ini, sehingga lihatlah sendiri bagaimana dunia begitu dikejar dibanding akhirat. Padahal jauh sekali antara kenikmatan surga dibanding dunia.

Disebutkan dalam sebuah hadits, dari Sahl bin Saad As Saidi, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, Satu bagian kecil nikmat di surga lebih baik dari dunia dan seisinya. Seharusnya kenikmatan di surga lebih semangat kita raih.

Modal surga adalah dengan beriman pada Allah dan Rasul-Nya. Iman yang dimaksud di sini mencakup iman yang pokok (ushulud diin) dan iman yang di luar pokok agama (furu). Dari sini, berarti bukan hanya ushulud diin saja yang wajib diimani. Namun pada perkara yang di luar pokok agama jika telah sampai ilmunya pada kita, wajib pula diimani.

Contohnya, kita punya kewajiban beriman pada hari akhir secara umum. Namun jika datang ilmu mengenai perinciannya seperti di antara tanda datangnya kiamat adalah munculnya Dajjal, maka ini juga patut diimani. (Inilah)

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

Baca Juga

Lima Penyebab Penyimpangan Akidah

Sabtu, 19/10/2019 17:30

Seluruh Kebaikan Ada di Tangan Allah

Sabtu, 19/10/2019 16:30

Ilmu Sedikit, Bangganya Selangit

Sabtu, 19/10/2019 15:30

Tafakur Lainnya

Trending