Selasa, 4 Jumadil Awwal 1444 H / 29 November 2022

Pahala Sedekah

Eramuslim – Pahala sedekah itu bertingkat-tingkat. Imam Jalaluddin al-Suyuthi, seperti dikutip Syaikh Nawawi Banten dalam Nashaihul Ibad, menuliskan ada lima tingkat pahala sedekah. Pahala tingkat pertama adalah sedekah yang akan diganti dengan 10 kebaikan. Inilah sedekah yang diberikan untuk orang yang sehat secara fisik.

Terkait hal ini, Nabi SAW bercerita, “Ada seorang laki-laki berkata, ‘Aku pasti akan bersedekah. Lalu dia keluar dengan membawa sedekahnya dan ternyata jatuh ke tangan seorang pencuri. Keesokan paginya orang-orang ramai membicarakan bahwa dia telah memberikan sedekahnya kepada seorang pencuri.

Mendengar hal itu orang tersebut berkata, ‘Ya Allah segala puji bagi-Mu, aku pasti akan bersedekah lagi’. Kemudian dia keluar dengan membawa sedekahnya lalu ternyata jatuh ke tangan seorang pezina. Keesokan paginya orang-orang ramai membicarakan bahwa dia tadi malam memberikan sedekah kepada seorang pezina.

Maka orang itu berkata lagi,  ‘Ya Allah segala puji bagi-Mu, (ternyata sedekahku jatuh) ke tangan seorang pezina. Aku pasti akan bersedekah lagi. Kemudian dia keluar lagi dengan membawa sedekah. Ternyata jatuh ke tangan seorang yang kaya. Keesokan paginya orang-orang kembali ramai membicarakan bahwa dia memberikan sedekahnya kepada orang kaya.

Maka orang itu berkata, ‘Ya Allah segala puji bagi-Mu, (ternyata sedekahku jatuh) ke tangan seorang pencuri, pezina, dan orang kaya. Setelah itu orang tadi bermimpi dan dikatakan padanya, “Adapun sedekahmu kepada pencuri, mudah-mudahan dapat mencegah si pencuri dari perbuatannya.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Menjaga Mata Bikin Hati Sehat

Senin, 15/06/2020 15:00

Urgensi Asnaf Fi Sabilillah

Jumat, 12/06/2020 16:30

Tafakur Lainnya

Trending