Jum'at, 11 Rajab 1444 H / 3 Februari 2023

Pentingnya Seekor Nyamuk, Sampai Disebut dalam Alquran

Eramuslim – Selama ini nyamuk sering dianggap sebagai serangga yang mengganggu. Sebab nyamuk kerap mengginggit dan menghisap darah manusia dan menimbulkan rasa gatal.

Allah SWT menjadikan nyamuk sebagai perumpamaan, seperti yang telah dikatakan Allah SWT dalam Alquran surat Al Hujurat ayat 26 :

إِنَّ اللَّهَ لَا يَسْتَحْيِي أَنْ يَضْرِبَ مَثَلًا مَا بَعُوضَةً فَمَا فَوْقَهَا ۚ فَأَمَّا الَّذِينَ آمَنُوا فَيَعْلَمُونَ أَنَّهُ الْحَقُّ مِنْ رَبِّهِمْ ۖ وَأَمَّا الَّذِينَ كَفَرُوا فَيَقُولُونَ مَاذَا أَرَادَ اللَّهُ بِهَٰذَا مَثَلًا ۘ يُضِلُّ بِهِ كَثِيرًا وَيَهْدِي بِهِ كَثِيرًا ۚ وَمَا يُضِلُّ بِهِ إِلَّا الْفَاسِقِينَ

Sesungguhnya Allah tiada segan membuat perumpamaan berupa nyamuk atau yang lebih rendah dari itu. Adapun orang-orang yang beriman, maka mereka yakin bahwa perumpamaan itu benar dari Tuhan mereka, tetapi mereka yang kafir mengatakan: “Apakah maksud Allah menjadikan ini untuk perumpamaan?”. Dengan perumpamaan itu banyak orang yang disesatkan Allah, dan dengan perumpamaan itu (pula) banyak orang yang diberi-Nya petunjuk. Dan tidak ada yang disesatkan Allah kecuali orang-orang yang fasik.”

Seandainya dunia ini di sisi Allah senilai harganya dengan sayap nyamuk niscaya Allah tidak akan memberi minum barang seteguk sekalipun kepada orang kafir.” (HR. Tirmidzi)

Dikutip dari buku Pintar Sains dalam Alquran, Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah karya Dr Nadiah Thayyarah pada halaman 598-600, dua dalil tersebut (Alquran dan hadist) menunjukkan betapa pentingnya seekor nyamuk sehingga dijadikan sebagai suatu perumpamaan.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Yang ‘Alim tapi Zalim!

Rabu, 28/08/2019 14:30

Kembali ke Jalan yang Sesat

Rabu, 28/08/2019 12:45

Tafakur Lainnya

Trending