Ahad, 5 Rabiul Awwal 1444 H / 2 Oktober 2022

Renungan Aa Gym: Persibuk Diri Dengan Ibadah

Eramuslim – SAUDARAKU, sibukkan diri dengan peningkatkan kualitas ibadah kepada Allah SWT. Meningkatkan kualitas ibadah berarti dimulai dengan menambah ilmu tentang Allah, dan ilmu cara beribadah kepada-Nya sesuai dengan sunnah rasul-Nya.

Semakin kita sibuk dengan ibadah, semakin kita jauh dari kesibukan berkeluh kesah. Semakin baik kualitas ibadah kita, maka semakin kita sadar betapa sayang jika waktu yang ada dan sangat terbatas ini diisi dengan urusan sia-sia.

Tingkatkan ibadah kita salah satunya dengan memperbaiki kualitas salat kita. Seorang dokter pernah mengatakan bahwa yang paling penting dalam kesehatan tubuh kita adalah tulang pinggul dan tulang belakang. Tulang pinggul berperan sebagai fondasi dan tulang belakang sebagai tiang penyangga. Kalau fondasi retak, maka tiang jadi bengkok. Sedangkan jika tiang bengkok, maka kaca pecah, dinding rapuh dan dampak lainnya. Demikianlah gambaran dari tubuh kita.

Namun, alhamdulillah, sebagai muslim kita memiliki salat. Selain sebagai ibadah, salat merupakan olah tubuh yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kita. Sebagai contoh, Rasulullah saw mengajarkan posisi punggung yang lurus rata tatkala ruku dalam salat. Aisyah menerangkan, “Beliau ketika ruku tidak mengangkat atau menundukkan kepala, tetapi seimbang di antara keduanya.” (HR. Muslim)

Ali bin Abi Thalib juga menerangkan, “Adalah Rasulullah saw ketika ruku seandainya diletakkan (dipunggungnya) gelas yang berisi air, niscaya tidak akan tumpah.” (HR. Ahmad). Sedangkan, Rasulullah apabila menunaikan salat malam bisa lama waktunya. Dan, kita melihat bahwa beliau adalah sosok yang sehat dan bugar tubuhnya.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Cukuplah Allah Sebagai Penjamin

Jumat, 28/02/2020 14:30

Tafakur Lainnya

Trending