Kamis, 12 Muharram 1444 H / 11 Agustus 2022

Sering ke Pengajian Tapi Akhlak Tak Berubah, Salahnya Dimana?

Eramuslim.com – Ada yang bertanya kepada KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) yang juga pendiri Pesantren Darut Tauhid Bandung, Jawa Barat. Kenapa tuh Aa, dia rajin ke pengajian tapi akhlaknya tak ada perubahan, yang berubah hanya seragamnya saja. Tahu kenapa sebabnya kira-kira?

Ini Jawaban Aa Gym:

1. Mencari Ilmu Salah Niat.
Niatnya supaya dapat dunia. Ingin punya gelar, agama ingin diakui sebagai ustaz, ingin diakui sebagai kiyai. Ingin diakui pokoknya niatnya mencari ilmunya bukan untuk dekat dengan Allah Ta’ala, niatnya hanya dunia. Itu dari awal sebanyak apapun ilmu agamanya, akhlaknya gak akan sebanding dengan ilmunya. Karena sudah salah niat.

Salah niat itu tidak mendatangkan pertolongan Allah Ta’ala. Kita berakhlak baik kan berkat pertolongan Allah Ta’ala. Makanya hati-hati nih yang kuliah agama datang ke majelis ta’lim dan sebagainya, tanya dulu apa nih niat saya? salah niat tidak barakah ilmunya.

2. Ilusi Ilmu.
Jadi Ketipu oleh ilmu yang sudah diketahuinya. Sing sabar tuh jadi orang. Innallaha ma’anash shabirin. Nah gitu. Dia berdebat itu jelas dalilnya. Sabarnya jelas diomongin, Sabarnya jelas ada alilnya, tapi dia gak sabar.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Hikmah Sholat Malam

Rabu, 11/11/2020 17:15

Rezeki Takkan Tertukar

Selasa, 10/11/2020 13:30

Tafakur Lainnya

Trending