Jum'at, 14 Jumadil Awwal 1444 H / 9 Desember 2022

Tanda-Tanda Seseorang akan Meninggal

Eramuslim – Setelah kematian akan ada pertanggungjawaban. Manusia akan dituntut untuk mempertanggung jawabkan apa yang telah dilakukan selama di dunia. Ada surga bagi Muslim yang taat dan ada pula neraka yang perlu ditakuti.

“Allah akan memperhitungkan amal setiap manusia. Baik dari umurnya sampai hartanya. Dari mana harta yang diperoleh dan untuk apa digunakan. Ada sederet pertanyan apakah manusia bisa menjawab atau tidak,” kata Pendiri Pusat Studi Alquran (PSQ) Jakarta, Prof M. Quraish Shihab dalam video di kanal Youtube Najwa Shihab bertema Bekal Diri Menuju Ilahi : Tanda-Tanda Kematian.

Dia menjelaskan sebelum meninggal, “nyawa” seseorang akan terasa keluar dari lutut, sampai lutut berdempet dengan lutut. Ini artinya hidup menghilang sedikit demi sedikit sampai akhirnya ada di tenggorokan.

Rasulullah bersabda, “Allah menerima taubat seorang hamba selama nyawanya belum sampai di tenggorokan,” (HR Ahmad 5885 dan Tirmidzi 3460).

“Disitu adalah waktu untuk bertaubat. Sebelum keluar nyawa akan terdengar suara ‘grr’ yang berarti tanda nyawa sudah mau keluar. Jika dalam keadaan itu, taubat tidak dapat diterima lagi. Ruh ini lalu pergi ke alam barzakh,” ujar dia.

Setelah meninggal, ruh pergi ke alam barzakh dan jasadnya berada di kuburan. Alam barzakh merupakan tempat di antara dunia dan akhirat. Semua yang meninggal akan ada di sana, menanti waktu saat sangkakala ditiup. Apabila sangkakala ditiup, segala yang bernyawa akan mati. Lalu mereka menunggu ditiup sangkakala yang kedua untuk semua bangkit menuju padang mahsyar yang akan dilakukan perhitungan amalan.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Rekomendasi

Perginya Fir'aun Dari Mesir

Rabu, 02/02/2011 10:01

Science For All (7)

Sabtu, 24/10/2009 10:09

Suara Dari Balik Reruntuhan

Jumat, 02/10/2009 07:41

Mengatasi Ngompol pada Anak

Senin, 07/09/2009 14:50

Mencintai Rasulullah

Senin, 06/03/2006 09:30

Baca Juga

Tafakur Lainnya

Trending