Jum'at, 10 Rabiul Awwal 1444 H / 7 Oktober 2022

Tips Mengatasi Lelah ala Nabi Muhammad

Eramuslim – SUATU hari, Ali bin Abi Thalib radhiyallahu anhu berkata pada istrinya Fatimah radhiyallahu anha, Demi Allah, aku selalu mengambil air dari sumur hingga dadaku sakit. Ayahmu telah datang membawa seorang budak, pergilah dan mintalah budak itu sebagai pelayan kita. Fatimah berkata, Demi Allah, aku juga selalu menumbuk gandum hingga tanganku bengkak.

Keduanya pun datang menghadap Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, meminta agar Rasulullah memberikan mereka budak sebagai pelayan. Akan tetapi, Rasulullah menjawab, Demi Allah, aku tidak akan memberi budak tersebut. Aku ingin memenuhi kebutuhan perut ahli shuffah (sahabat Rasulullah sejumlah kurang lebih 70 orang yang tinggal di bagian belakang Masjid Nabawi karena tidak memiliki punya harta dan tempat tinggal), tetapi aku tidak punya apa-apa untuk mereka. Jadi, aku akan menjual budak itu pada kalian agar uangnya bisa kuberikan pada ahli shuffah.

Ali dan Fatimah radhiyallahu anhuma pun pulang. Kembali ke rumahnya dengan tangan hampa. Sesampainya di rumah, mereka menuju pembaringan lalu merebahkan diri di pembaringan, berselimutkan kain kasar. Kemudian Rasulullah mendatangi Ali dan Fatimah di rumahnya. Mereka berdua kalang kabut ketika didatangi Rasulullah. Beliau bersabda, Tetaplah di tempat kalian. Maukah kalian kuberitahu tentang apa yang lebih baik dari permintaan kalian tadi?

Keduanya menjawab, Ya. Beliau bersabda, Jika kalian hendak merebahkan diri di pembaringan kalian, bertasbihlah 33x, bertahmidlah 33x, dan bertakbirlah 34x. Ini semua lebih baik bagi kalian berdua daripada seorang pelayan. Kisah ini sahih, terdapat dalam beberapa riwayat Imam Bukhari dan Imam Muslim, di antaranya HR Bukhari No. 5843 dan No. 4942, juga HR Muslim No. 4906

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Keajaiban dan Berkah Berselawat

Rabu, 02/10/2019 10:45

3 Manfaat Berbaik Sangka

Selasa, 01/10/2019 15:15

Nyanyian Sesat dan Menyesatkan

Selasa, 01/10/2019 13:15

Ilmu Hilang Terbawa Bersama Gelak Tawa

Selasa, 01/10/2019 12:45

Hikmah Lainnya

Trending