Ahad, 18 Rabiul Awwal 1441 H / 17 November 2019

Yang Haram Buat Nabi tapi Boleh untuk Ummatnya

Eramuslim.com – Keberadaan seorang  Rasulullah Saw. memiliki peran sebagai panutan buat para pengikutnya, umatnya.  Sehingga  wajib bagi umat untuk menjadikan kepribadian seorang nabi sebagai suri teladan dalam menjalani kehidupan, tak terhalang waktu.

Akan tetapi harus diketahui bahwa perbuatan Rasulullah tidak semua menjadi ajaran yang harus  diikuti.

Benar,  pada dasarnya atau pada prinsipnya perbuatan Rasulullah Saw. itu harus dijadikan tuntunan dalam kehidupan.  Namun kalau sampai muslim sudah sampai pada masalah yang detail, tetap saja harus ada yang menjadi wilayah khushushiyah Rasulullah Saw.

Dari sini,  kita bisa membahas apa saja perbuatan yang hukumnya haram buat Rasulullah, akan tetapi buat umatnya malah dibolehkan. Apa saja itu? Ini di antaranya:

  1. Menerima Zakat

Sefakir dan semiskin apapun Rasululullah atau nabi,  beliau tidak diperkenankan atau diharamkan menerima  zakat.  Hal yang sama berlaku juga untuk keluarga beliau alias ahlul bait.

  1. Mengkonsumsi Makanan yang Berbau (menyengat)

Makanan- makanan yang berbau, apapun jenisnya,  kurang sedap baunya, hukumnya haram buat Rasulullah, misalkan bawang atau makanan serupanya yang bau. Mengapa? Hal tersebut dikarenakan  membuat malaikat yang membawa wahyu enggan datang kepadanya.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

Baca Juga

Hikmah Lainnya

Trending