Jum'at, 3 Rabiul Awwal 1444 H / 30 September 2022

Cintai Para Sahabat Nabi, Miliki Kaosnya Cerna Kisahnya

EramuslimAdvertorial

PERINTAH MENCINTAI SAHABAT RADHIYALLAHU ANHUM DAN HARAMNYA MENCACI MEREKA

Dari Abu Sa’id al-Khudri radhiyallahu anhu, ia berkata, Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda :

“Janganlah kalian mencaci Sahabatku! Seandainya seorang di antara kalian berinfak emas sebesa Gunung Uhud niscaya belum bisa menandingi satu mudd* mereka, bahkan separuhnya pun tidak.”

*Mudd : Pengarang Lisanul ‘Arab berkata, “Mudd adalah sebuah bentuk takaran yaitu seperempat sha’. Ia adalah kadar mudd Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam.” Lalu dia (pengarang Lisanul ‘Arab) menyebutkan pendapat-pendapat lain dan dia berkata, “Dan ada yang berkata: asal mudd adalah seorang laki-laki membuka kedua tangannya lalu memenuhinya dengan makanan.”

Dari ‘Abdullah bin Mughaffal radhiyallahu anhu bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda:
“Hendaklah kalian bertakwa kepada Allah terhadap para Sahabatku. Hendaklah kalian bertakwa kepada Allah terhadap para Sahabatku. Jangan menjadikan mereka sebagai sasaran (kedengkian dan permusuhan) sepeninggalku. Siapa yang mencintai mereka maka dengan cintaku kepada mereka aku mencintainya.”

Tentang hukum orang yang mencaci Sahabat Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam, maka di sini kami menukil sebagian dari ucapan para ulama.
An-Nawawi rahimahullahu berkata dalam Syarh Shahiih Muslim (V/400), “Ketahuilah bahwa mencaci para Sahabat radhiyallahu anhum adalah haram dan termasuk hal-hal haram yang sangat buruk (dosa besar), baik Sahabat yang terlibat fitnah atau yang tidak terlibat karena mereka adalah orang-orang yang berijtihad dalam perang tersebut dan bertakwil, sebagaimana telah kami jelaskan di awal Fadhaailush Shahaabah dalam Syarh ini. Al Qadhi berkata, “Mencaci salah seorang dari mereka termasuk kemaksiatan besar (dosa besar).

Siapa yang membenci mereka maka dengan kebencianku aku membencinya. Siapa yang menyakiti mereka maka dia telah menyakitiku. Siapa yang menyakitiku maka dia menyakiti Allah. Dan siapa yang menyakiti Allah maka hampir saja Dia akan menyiksanya.”
Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda:
“Sesungguhnya Allah Tabaaraka wa Ta’aala telah memilihku dan Dia memilih Sahabat-Sahabat untukku, kemudian Dia menjadikan untukku dari mereka para pendukung, para penolong, dan orang-orang yang terikat tali pernikahan denganku. Siapa yang mencaci mereka, maka atasnya laknat dari Allah, Malaikat, dan seluruh manusia dan pada hari Kiamat amal wajib dana mal sunnahnya tidak diterima darinya.”

Iman adz-Dzahabi rahimahullahu berkata, “Yang mengetahui keutamaan-keutamaan para Sahabat radhiyallahu anhum hanyalah orang yang memperhatikan keadaan mereka, sirah mereka, dan jejak mereka dalam kehidupan Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam, dan setelah beliau wafat berupa berlomba-lombanya mereka dalam iman, berjihad melawan orang-orang kafir, menyebarkan agama, menjunjung syi’ar agama, meninggikan kalimat Allah dan Rasul-Nya, mengajarkan perkara-perkara fardhu dan sunnahnya. Kalau bukan karena mereka niscaya agama ini, baik dasar (pokok) maupun cabangnya tidak akan sampai kepada kita, kita juga tidak akan mengetahui yang fardhu sebagai fardhu dan yang sunnah sebagai sunnah, kita juga tidak akan mengetahui hadits-hadits dan berita apapun.

Sumber : Sahabat-sahabat Rasulullah

Alhamdulillah Street Dakwah Tshirt As Sirah sudah bisa diorder, desain Para Sahabat Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam
Yuk diorder sekarang juga kaosnya sebelum kehabisan, stock terbatas loh! As Sirah, kaos tematik sahabat RA, terbuat dari bahan Cotton Bamboo Kualitas Premium. Bahan kain sangat lembut, adem, anti bakteri, cepat menyerap keringat dan sangat nyaman ketika dipakai.

Ready Size : Dewasa : S, M, L, XL, Lengan Pendek Rp.125,000, Lengan panjang Rp.135.000 (Blm Termasuk Ongkir) Anak-anak 8-13 tahun : S, M, L, Harga Rp. 90.000 (Blm Termasuk Ongkir) Pemesanan Bisa Langsung Menghubungi Kontak WA 1 – 0813 9471 4033 As Sirah Following The Right Path WA 2 – 0853 1496 3342 As Sirah Anak Line : assirahstore , [email protected] ( IG : @assirahofficial / IG : @assirahapparel ) ( Fpage : @assirahfollowingtherightpath / Fpage : @assirahjunior ) Website : www.assirahstore.com

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Rekomendasi

Antara Kita dan Dajjal

Sabtu, 05/07/2014 16:02

Tes Masuk SDIT

Senin, 08/06/2009 07:07

Aku Ingin Istriku Seperti Harapanku

Minggu, 20/12/2009 23:00

Bukan Pejantan Cantik

Senin, 24/01/2011 11:14

Baca Juga

Info Produk Lainnya

Trending