Senin, 10 Jumadil Awwal 1444 H / 5 Desember 2022

Dosa-Dosa Yang Menyebabkan Pelakunya Masuk Neraka

Kaum Muslimin rahimakumullah…

Dosa-dosa lain yang menyebabkan kita masuk neraka ialah :

9. Membunuh orang Mu’min dengan sengaja. Allah menjelaskan dalam firman-Nya :

وَمَنْ يَقْتُلْ مُؤْمِنًا مُتَعَمِّدًا فَجَزَاؤُهُ جَهَنَّمُ خَالِدًا فِيهَا وَغَضِبَ اللَّهُ عَلَيْهِ وَلَعَنَهُ وَأَعَدَّ لَهُ عَذَابًا عَظِيمًا (93) (سورة النور)

“Dan barang siapa yang membunuh seorang Mu’min dengan sengaja, maka balasannya ialah Jahannam, kekal ia di dalamnya dan Allah murka kepadanya, dan mengutukinya serta menyediakan azab yang besar baginya.” (93) (Q.S. Annur (24) : 93)
10. Menyiksa orang-orang Mu’min dan membuat mereka mengalami kesulitan dalam kehidupan dunia karena mereka komitmen (berpegang teguh) pada nilai-nilai keimanan dan keislaman. Allah menjelaskan dalam firman-Nya:

إِنَّ الَّذِينَ فَتَنُوا الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ ثُمَّ لَمْ يَتُوبُوا فَلَهُمْ عَذَابُ جَهَنَّمَ وَلَهُمْ عَذَابُ الْحَرِيقِ (10) (لبروج)

“Sesungguhnya orang-orang yang menyiksa orang-orang yang Mu’min laki-laki dan perempuan kemudian mereka tidak bertobat, maka bagi mereka azab Jahannam dan bagi mereka azab (Neraka) yang membakar.(10) (Q.S. Al-Buruj (85) : 10)

11. Menghalang-halangi dan menghambat orang-orang Mu’min berzikir pada Allah dan segala kegiatan yang terkait dengan agama Allah di Masjid dan berupaya merusak dan menghancurkannya. Allah menginformasikan hal tersebut dalam firman-Nya :

وَمَنْ أَظْلَمُ مِمَّنْ مَنَعَ مَسَاجِدَ اللَّهِ أَنْ يُذْكَرَ فِيهَا اسْمُهُ وَسَعَى فِي خَرَابِهَا أُولَئِكَ مَا كَانَ لَهُمْ أَنْ يَدْخُلُوهَا إِلا خَائِفِينَ لَهُمْ فِي الدُّنْيَا خِزْيٌ وَلَهُمْ فِي الْآخِرَةِ عَذَابٌ عَظِيمٌ (114)

“Dan siapakah yang lebih aniaya daripada orang yang menghalang-halangi menyebut nama Allah dalam mesjid-mesjid-Nya, dan berusaha untuk merobohkannya? Mereka itu tidak sepatutnya masuk ke dalamnya (mesjid Allah), kecuali dengan rasa takut (kepada Allah). Mereka di dunia mendapat kehinaan dan di Akhirat mendapat siksa yang berat.(114) (Q.S. Al-Baqarah (2) : 114)

12. Melalaikan shalat fardhu (lima waktu sehari), lalai dalam shalat, riya’ (mengharapkan pujian manusia) dalam shalat dan tidak mau membantu orang lain dengan harta yang berharga. Allah menjelaskan dalam firman-Nya :

فَوَيْلٌ لِلْمُصَلِّينَ (4) الَّذِينَ هُمْ عَنْ صَلاتِهِمْ سَاهُونَ (5) الَّذِينَ هُمْ يُرَاءُونَ (6) وَيَمْنَعُونَ الْمَاعُونَ (7)

Maka Wail (lembah Neraka Jahannam) bagi orang-orang yang shalat (4) (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya,(5) orang-orang yang berbuat riya’. (6) dan enggan (menolong dengan) barang berguna.(7) (Q.S. Al-Maa’uun (107) : 4 – 7)

Kaum Muslimin rahimakumullah….

Demikianlah khutbah ini, semoga Allah menghindarkan kita dari dosa dan maksiat tersebut yang menyebabkan pelakunya masuk neraka. Dan semoga Allah berkenan menghimpunkan kita di syurga Firdaus yang paling tinggi bersama Rasul Saw, para shiddiqin, syuhadak, dan shalihin sebagaimana Allah himpun kita di tempat yang mulia ini.

Allahumma amin…

بارك الله لي ولكم في القرآن العظيم ونفعني وإياكم بما فيه من الآيات و الذكر الحكيم أقول قولي هذا وأستغفر الله لي ولكم إنه تعالى جواد كريم ملك رؤوف رحيم إنه هو السميع العليم ……

← Halaman sebelumnya

Halaman 1 2 3 4 5Lihat semua

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Menyambut Kematian

Jumat, 27/12/2013 09:33

Khutbah Jumat Lainnya

Trending