Selasa, 7 Rabiul Awwal 1444 H / 4 Oktober 2022

Authis

Assalamu’alaikum wr. wb.,

Afwan bu namih, saya mohon penjelasan ttg authis. Apa yg dimaksud dg authisme, ciri2 anak yg menderitanya, gejala2nya, pencegahan, penyembuhanny, terapinya. Mohon penjelasan yg sejelas2nya. Maaf merepotkan. Terima kasih.

Wassalamu’alaikum wr. wb.

Wa’alaikumussalam Wr. Wb.

Autisme adalah satu kelompok dari gangguan pada anak yang ditandai munculnya gangguan dan keterlambatan dalam bidang kognitif, komunikasi, ketertarikan  pada interaksi sosial dan perilaku.

Ditinjau dari segi perilaku anak-anak penderita autisme cenderung untuk melukai dirinya sendiri, tidak percaya diri, bersikap agresif, menanggapi secara kurang atau bahkan berlebihan terhadap stimuli eksternal, dan menggerak-gerakkan anggota tubuhnya secara tidak wajar.

Adapun tindakan-tindakan tidak wajar tersebut seperti : menepuk-nepukkan tangan, mengeluarkan suara yang diulang-ulang atau gerakkan tubuh yang tidak bisa dimengerti. Contohnya : menggigit, memukul atau menggaruk-garuk tubuh mereka sendiri.

Kebanyakan tindakan-tindakan seperti ini karena kurangnya kemampuan mereka untuk menyampaikan keinginan serta harapan kepada orang lain. Dan juga sebagai usaha untuk melepaskan diri dari ketegangan.

Penyebab Autisme :

  • Gangguan syaraf otak
  • Virus (toxoplasmosis, cytomegalo, rubela, herpes)
  • Lingkungan yang terkontaminasi zat beracun

Untuk pencegahan yang saya paparkan di bawah ini tidak berarti autisme dapat dihindarkan. Hal ini semata-mata usaha kita saja sebagai manusia dan hamba Allah SWT. Sehingga selebihnya kita serahkan penjagaan calon anak-anak kita hanya kepada-Nya.

Pencegahan :

  1. Selama masa ibu mengandung sebaiknya mengkonsumi makanan sehat, asupan vitamin (suplemen) sesuai petunjuk dokter.
  2. Menghindari bersentuhan langsung dengan binatang, seperti : kucing. Kalaupun terpaksa bersegeralah untuk mencuci tangan degan sabun anti septik.
  3. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan.
  4. Kenakan masker jika berkendara roda dua.
  5. Menjaga suasana hati untuk tetap merasa bahagia selama masa kehamilan.
  6. Terakhir yang sangat penting adalah banyak-banyak bermunajat memohon kepada Allah Yang Maha Rahman agar senantiasa menjaga dan memelihara calon bayi tetap sehat dan sempurna.

Penyembuhan :

  1. Pemberian obat-obatan dari dokter ahli, juga diet yang disarankan.
  2. Program terapi, untuk mengikuti program terapi ini anak terlebih dahulu diassesmen yaitu : tes dan observasi untuk mendiagnosa kesulitan anak. Barulah setelah itu bisa ditentukan terapi-terapi apa saja yang dibutuhkannya.
  3. Berdo’a kepada Allah Yang Maha Menyembuhkan.

Demikianlah Mba Acih. Semoga bermanfaat ya……………..

Wallahu a’lam bisshawab

Namih Al Faisal S.Pd.

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Anak Suka Marah dan Tidur Gak Tenang

Minggu, 11/10/2009 16:16

Anak Yang Kurang Percaya Diri….

Kamis, 03/09/2009 14:57

Kelainan Bawaan

Jumat, 29/05/2009 00:34

Anak Luar Biasa Lainnya

Trending